Thursday, 25 Syawwal 1443 / 26 May 2022

BMKG: Gempa yang Terjadi Berdekatan Hanya Faktor Kebetulan

Senin 17 Jan 2022 17:19 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Warga melihat kondisi rumah yang rusak akibat gempa di Kadu Agung Timur, Lebak, Banten,  Jumat (14/1/2022). Rentetan gempa yang terjadi setelahnya tidak saling terkait melainkan faktor kebetulan saja.

Warga melihat kondisi rumah yang rusak akibat gempa di Kadu Agung Timur, Lebak, Banten, Jumat (14/1/2022). Rentetan gempa yang terjadi setelahnya tidak saling terkait melainkan faktor kebetulan saja.

Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/rwa.
Akhir-akhir ini terjadi gempa yang jarak dan waktu kejadiannya berdekatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan, gempa bumi yang terjadi dalam beberapa hari terakhir tidak memiliki keterkaitan satu dengan lainnya. Jarak serta waktu yang berdekatan hanyalah faktor kebetulan, mengingat ratusan sumber gempa yang ada di Indonesia.

"Peningkatan aktivitas gempa akhir-akhir ini tidak memiliki kaitan satu dengan lainnya," kata Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono saat menjawab pertanyaan Antara via aplikasi pesan di Jakarta, Senin (17/1/2022).

Baca Juga

Menurut Daryono, sumber gempa di Indonesia jumlahnya sangat banyak. Angkanya lebih dari 295.

"Sehingga jika terjadi gempa berdekatan jaraknya atau waktunya berdekatan itu faktor kebetulan saja, tidak ada hubungannya," tuutr Daryono.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA