Thursday, 18 Syawwal 1443 / 19 May 2022

Republika Raih Anugerah Media Pendukung Gerakan Zakat dari Baznas

Senin 17 Jan 2022 17:13 WIB

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI KH. Noor Achmad memberikan pengahargaan kepada Wakil Pemimpin Redaksi Republika Nur Hasan Murtiaji dalam acara Baznas Award 2022 di Jakarta, Senin (17/1/2022). Republika mendapatkan pengargaan Baznas Award 2022 Ketegori Media Pendukung Gerakan Zakat Indonesia pada Media Cetak.Prayogi/Republika

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI KH. Noor Achmad memberikan pengahargaan kepada Wakil Pemimpin Redaksi Republika Nur Hasan Murtiaji dalam acara Baznas Award 2022 di Jakarta, Senin (17/1/2022). Republika mendapatkan pengargaan Baznas Award 2022 Ketegori Media Pendukung Gerakan Zakat Indonesia pada Media Cetak.Prayogi/Republika

Foto: Prayogi/Republika.
Republika dinilai konsisten memberikan edukasi tentang zakat.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) memberikan anugerah atau Baznas Award 2022 dalam rangka HUT Baznas ke-21 kepada Republika. Republika menerima Baznas Award dalam kategori media pendukung gerakan zakat Indonesia.

Baznas melihat Republika aktif dalam mendorong publikasi, pemberitaan aktivitas dan gerakan zakat nasional, regional serta internasional, khususnya program dan kegiatan Baznas. Selain Republika, sejumlah media massa lain juga mendapatkan anugerah ini.

Baca Juga

Ketua Baznas, Prof KH Noor Achmad, mengatakan, Republika adalah mitra sejati Baznas dalam memperjuangkan perzakatan di Indonesia. Republika selalu memberikan apresiasi, komentar dan opini yang sangat bagus terhadap Baznas.

"Baznas juga merasa beruntung sekali bisa bekerjasama dengan Republika," kata Prof Noor saat diwawancarai Republika usai acara HUT Baznas ke-21 dan penyerahan Baznas Award 2022 di Ballroom Hotel Sultan, Senin (17/1/2022).

Ia mengatakan, Baznas berharap kepada Republika agar kerjasama yang terjalin dapat terus berkembang. Sebab ke depannya akan ada banyak hal yang bisa dilakukan bersama-sama.

Prof Noor menegaskan, kerjasama Baznas dan Republika dalam memperjuangkan perzakatan di Indonesia diharapkan tidak akan pernah putus.

Di tempat yang sama, Wakil Pemimpin Redaksi Republika, Nur Hasan Murtaji, mengatakan, alhamdulillah Republika mendapatkan penghargaan dari Baznas sebagai media pendukung gerakan zakat di Indonesia. Republika berperan serta dalam memberikan literasi kepada umat termasuk literasi tentang zakat. Dengan itu Republika turut membantu memperluas cakupan zakat.

"Dalam hal ini Republika sebagai media massa punya peran untuk memberikan literasi kepada umat dalam memberikan pemahaman dan penyadaran tentang peran pentingnya zakat bagi seorang Muslim," kata Hasan di acara HUT BAznas ke-21 dan penyerahan Baznas Award 2022.

Ia menegaskan, bagaimana pun zakat bagi seorang Muslim adalah wajib bagi yang mampu. Republika berperan memberikan literasi supaya masyarakat yang mempunyai kemampuan finansial memiliki kesadaran bahwa mereka punya kewajiban untuk berbagi kepada umat Islam yang layak menerima zakat.

"Republika mengucapkan terimakasih kepada Baznas, karena upaya Republika memberikan literasi kepada umat diapresiasi sebagai bagian dari upaya mendukung gerakan zakat di Indonesia, Republika mengucapkan terimakasih untuk itu," ujarnya.

Hasan mengatakan, tentunya Republika tidak akan berhenti sampai di sini saja, Republika akan terus memasarkan zakat dan mendukung supaya gerakan zakat semakin luas. Supaya gerakan zakat semakin efektif dan tepat sasaran.

Ia menambahkan, terkait zakat yang dikumpulkan oleh Baznas dan seluruh lembaga amil zakat nasional lain, Republika berharap itu bermakna meningkatnya kesejahteraan masyarakat khususnya umat Islam.

"Umat Islam yang selama ini menjadi penerima zakat berharap dengan zakat yang tepat sasaran itu mereka menjadi pembayar zakat (dari mustahik menjadi muzakki), artinya penerima zakat jangan sampai selamanya menjadi penerima zakat," jelas Hasan.

Selamat atas terpilihnya Republika sebagai Penerima Zakat Award 2022  Kategori Media Pendukung Gerakan Zakat dari BAZNAS.

Di tempat lain, Sekretaris Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Sesditjen Bimas) Islam Kementerian Agama (Kemenag), Muhammad Fuad Nasar, mengapresiasi Republika yang mendapatkan Baznas Award 2022. Menurutnya, Republika adalah media yang konsisten selama tiga dekade lebih mendukung gerakan zakat.

"Republika turut mengedukasi umat dengan berbagai konten seputar pengelolaan zakat dan pemberdayaan ekonomi umat di negara kita," kata Fuad melalui pesan tertulis kepada Republika.

Fuad melihat, kerjasama Baznas dengan Harian Umum Republika dalam publikasi zakat telah berlangsung sejak lama. Sebab tanpa pelibatan media massa, baik cetak maupun digital, informasi dan pesan-pesan zakat tidak akan sampai ke masyarakat luas.

 

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA