Saturday, 20 Syawwal 1443 / 21 May 2022

Wapres Minta Baznas Perkuat Tata Kelola Dana Sosial Syariah

Senin 17 Jan 2022 16:47 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Gita Amanda

Wakil Presiden KH Ma

Wakil Presiden KH Ma

Foto: Prayogi/Republika.
Wapres menilai perlu penguatan tata kelola dana syariah demi kesejahteraan masyarakat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Maruf Amin meminta Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) untuk memperkuat tata kelola dana sosial syariah. Saat ini, ekonomi dan keuangan syariah diyakini menjadi salah satu pilar dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional akibat dari pandemi Covid-19, termasuk dana sosial syariah.

Karena itu, Wapres menilai perlunya penguatan tata kelola dana sosial syariah sebagai upaya kolaboratif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. "Dibutuhkan tata kelola yang baik, yang tidak terlepas dari peran Baznas sebagai lembaga yang berwenang mengelola zakat dan dana sosial syariah nasional lainnya sesuai amanat undang-undang," kata Wapres di acara Baznas Award Tahun 2022 dalam rangka HUT Baznas ke-21, Senin (17/1).

Baca Juga

Wapres menyebut, berbagai permasalahan kemiskinan, terutama kemiskinan ekstrem dan peningkatan pemberdayaan ekonomi masyarakat dapat diatasi melalui dana filantropi syariah. "Dana filantropi syariah nasional memiliki potensi yang sangat besar. Dana sosial dimanfaatkan untuk membantu mengatasi berbagai permasalahan sosial-ekonomi nasional," kata Wapres.

Kiai Maruf pun mengharapkan pelayanan aktivitas zakat kepada masyarakat menjadi semakin efektif dan efisien, Begitu juga peranan Baznas dapat semakin luas. Untuk itu, ia meminta Baznas dalam pengelolaan dana zakat mengadaptasi kemajuan teknologi digital.

"Saya juga berharap agar peran Baznas semakin luas, dan layanan kepada masyarakat pemberi dan penerima zakat menjadi semakin efektif, efisien, dan tepat sasaran," kata Ketua Harian Komite Nasional Ekonomi Keuangan Syariah.

Ketua Baznas Noor Achmad menyatakan Baznas akan konsisten meningkatkan kepercayaan masyarakat. "Kami akan terus berupaya meningkatkan kepercayaan para muzakki dan mustahik, dan akan kami laksanakan program kami dengan konsisten dan konsekuen," kata Noor.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA