Sunday, 3 Jumadil Awwal 1444 / 27 November 2022

5 Cara Tingkatkan Keamanan Rumah Pintar

Senin 17 Jan 2022 15:43 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih

Smart Home. Ilustrasi

Smart Home. Ilustrasi

Foto: CNN
Pastikan semua perangkat pintar yang ada di rumah Anda selalu menggunakan password.

REPUBLIKA.CO.ID, LAS VEGAS -- Pada Consumer Electronics Show (CES) 2022, raksasa teknologi seperti Samsung, Apple, Google, Amazon, dan sejumlah produsen perangkat pintar lainnya bekerja untuk menciptakan lingkungan rumah terhubung yang lebih mulus, intuitif, dan sangat personal. Dengan semua data yang sangat intim yang akan Anda tuangkan ke perangkat rumah pintar Anda, Anda harus memberikan pertimbangan ekstra tentang bagaimana Anda akan melindungi data itu dan meningkatkan privasi Anda.

Seperti yang dijelaskan oleh Chief Medical Officer ResMed Dr. Carlos Nunez, perangkat yang terhubung menyatukan potongan-potongan data berbeda yang tampaknya tidak berbahaya. Namun, hal itu dapat memberi perusahaan wawasan tentang kehidupan Anda yang berpotensi berbahaya di tangan yang salah.

Baca Juga

“Ini adalah dunia baru yang berani dan banyak yang dipercepat oleh pandemi. Percepatan hidup kita yang online dan menjadi lebih virtual tidak akan hilang,” kata Nunez kepada audiens CES.

Dia menambahkan bahwa sebagian besar konsumen bahkan tidak mengerti seberapa besar privasi mereka pada dasarnya hilang. Ketika rumah kita menjadi lebih pintar dan hidup kita menjadi semakin terhubung ke internet, percakapan seputar privasi dan keamanan semakin meningkat.

Jamie Susskind, penasihat kebijakan teknologi untuk Senator Republik Marsha Blackburn, dari Tennessee, juga mempertimbangkan pentingnya mengamankan perangkat yang terhubung.

“IoT, ketika itu seperti kata kunci pada 2015, Anda tahu, sekarang ini adalah hal yang benar-benar perlu kita pikirkan sejauh bagaimana kita mengamankan perangkat ini, dan bagaimana kita melakukannya dalam ekosistem yang lebih luas. Dan itu, tantangan baik pemerintah maupun swasta untuk menghadapinya,” kata Susskind, dilansir dari CNET, Jumat (14/1/2022).

Undang-undang privasi data tidak akan berbuat banyak untuk melindungi Anda dari pelaku jahat, dan beberapa produsen perangkat pintar terkemuka menghadapi pengawasan Kongres dan tuntutan hukum atas pengumpulan data dan praktik keamanan mereka. Berikut adalah tip yang harus Anda ketahui tentang cara mengamankan perangkat rumah pintar Anda.

Gunakan VPN di router Anda

Saat Anda menggunakan VPN di router Anda, Anda dapat melindungi privasi Anda dengan mencegah orang lain melihat aktivitas rumah pintar Anda. Asalkan Anda memiliki router yang kompatibel dengan VPN, VPN terbaik semuanya akan bekerja dengan baik di router Anda dan memberi Anda koneksi terenkripsi yang aman ke internet.

Ini berarti tidak ada seorang pun yang dapat memantau aktivitas apa pun di perangkat pintar yang Anda sambungkan melalui router yang mendukung VPN, bahkan ISP Anda. Ini berguna jika Anda ingin merahasiakan aktivitas menonton di TV pintar Anda, atau jika Anda ingin memastikan tidak ada orang yang memperhatikan perangkat pintar apa yang Anda miliki di rumah dan data apa yang mereka transmisikan melalui internet.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA