Monday, 22 Syawwal 1443 / 23 May 2022

Menu Sarapan Terburuk Bagi Kadar Gula Darah

Senin 17 Jan 2022 08:46 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda

Cornflakes. Makanan yang mengandung karbohidrat cepat dicerna yang bisa menyebabkan lonjakan gula darah (glukosa).

Cornflakes. Makanan yang mengandung karbohidrat cepat dicerna yang bisa menyebabkan lonjakan gula darah (glukosa).

Foto: Needpix
Kadar gula darah dapat dipengaruhi oleh asupan makanan saat sarapan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pakar diabetes dr Sarah Brewer menyarankan untuk mengurangi makanan yang mengandung karbohidrat cepat dicerna yang bisa menyebabkan lonjakan gula darah (glukosa). Contoh makanan itu termasuk kue kering, cornflakes, dan roti putih yang dapat meningkatkan kebutuhan insulin tubuh.

“Jika kita juga kelebihan berat badan, ini dapat menyebabkan kontrol glukosa yang buruk. Agar lebih aman, saya merekomendasikan untuk mengikuti diet indeks glikemik rendah," ungkap dr Brewer, dilansir laman Express, Ahad (16/1/2022).

Baca Juga

NHS menjelaskan, glikemik indeks (GI) adalah sistem peringkat untuk makanan yang mengandung karbohidrat. Ini menunjukkan seberapa cepat setiap makanan memengaruhi kadar gula darah tubuh ketika makanan itu dimakan.

Makanan glikemik tinggi dipecah dengan cepat oleh tubuh, menyebabkan peningkatan gula darah yang cepat. Makanan GI tinggi yang harus dibatasi meliputi:

- Gula dan makanan manis

- Minuman ringan manis

- Roti putih

- Kentang

- Nasi putih

Makanan GI rendah dan sedang dipecah lebih lambat oleh tubuh, menyebabkan kenaikan bertahap kadar gula darah. Contoh makanan GI rendah dan sedang meliputi:

- Beberapa buah dan sayuran

- Kacang-kacangan

- Makanan gandum utuh, seperti bubur gandum

Sementara makanan GI rendah bisa menjadi bagian dari diet sehat, tapi tidak semua makanan GI rendah itu sehat. Pilihan GI rendah yang sehat meliputi, makanan berbahan gandum, buah, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Namun, ada juga pilihan GI rendah yang tidak sehat seperti cokelat dan keripik yang bisa tinggi lemak.

"Mengandalkan GI saja bukanlah cara yang dapat diandalkan untuk memutuskan apakah makanan atau kombinasi makanan itu sehat," papar NHS.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA