Senin 17 Jan 2022 06:33 WIB

Sejarah Hari Ini: Perang Teluk Dimulai

Perang ini dipicu oleh pendudukan Irak atas Kuwait pada Agustus 1990.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Agung Sasongko
Perang Teluk (ilustrasi)
Foto: weaponsandwarfare
Perang Teluk (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,  BAGHDAD - Pada 17 Januari 1991, Perang Teluk Persia dimulai. Perang ini dipicu oleh pendudukan Irak atas Kuwait pada Agustus 1990.

Presiden Irak kala itu Saddam Hussein memerintahkan pendudukan Kuwait dengan maksud mendapatkan cadangan minyaknya yang besar, membatalkan utang Irak kepada Kuwait, dan memperluas kekuasaan Irak di kawasan itu. Seperti dilansir laman History, Senin (17/1), Hussein memerintahkan invasi dan pendudukan negara tetangga Kuwait pada 2 Agustus 1990.

Baca Juga

Kuwait kemudian meminta bantuan negara kekuatan Arab seperti Arab Saudi dan Mesir hingga meminta Amerika Serikat (AS) dan negara-negara Barat lainnya untuk campur tangan. Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyerukan Irak untuk menarik diri dari Kuwait dan kemudian melarang perdagangan dengan Irak. Hussein menentang tuntutan Dewan Keamanan PBB pada pertengahan Januari 1991. Perang Teluk Persia akhirnya dimulai.

Serangan udara besar-besaran pimpinan AS yang dikenal sebagai Operasi Badai Gurun terjadi. Personel pasukan koalisi yang bersiap melawan Irak berjumlah 750 ribu, termasuk 540 ribu personel AS dan pasukan yang lebih kecil dari Inggris, Prancis, Jerman, Uni Soviet, Jepang, Mesir, dan Arab Saudi.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement