Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rina Harwati

Bersih-bersih Pantai Baru, MTs Negeri 6 Bantul Gerakkan Guru Punguti Sampah

Eduaksi | Sunday, 16 Jan 2022, 09:53 WIB
Kepala MTsN 6 Bantul dan Guru-guru Bersama DWP Kementerian Agama Kabupaten Bantul Melakukan Aksi Bersih Pantai

MTs Negeri 6 Bantul terus mengampanyekan gerakan bersih lingkungan di dalam dan di luar madrasah. Hal ini dimulai sejak tahun 2020 awal ketika pertama kali kepala madrasah mencanangkan madrasah bebas sampah plastik (MBSP) yang menjadi salah satu program unggulan. Sejak dicanangkannya program MBSP tersebut, madrasah sudah berupaya meminimalisasi sampah plastik. Di antaranya dengan program galonisasi untuk menyediakan minum siswa, penyediaan gelas dan piring di ruang-ruang kelas, dan meminimalkan penggunaan air mineral kemasan plastik.

Kegiatan peduli lingkungan terus diperluas hingga di luar lingkungan madrasah seperti bersih-bersih pantai. Sudah kali kedua ini MTsN 6 Bantul melakukan gerakan bersih pantai yakni di Pantai Ngandong dan di Pantai Baru. Guru-guru MTs Negeri 6 Bantul bersama dengan darma wanita persatuan Kementerian Agama Kabupaten Bantul pada Selasa (11/1) melakukan aksi memunguti sampah di bibir Pantai Baru. “Kami sangat meyakini bahwa kegiatan bersih pantai dari sampah ini akan membentuk karakter peduli lingkungan. Setidaknya, dengan dimulai dari diri sendiri, kita sudah berupaya melindungi pantai dari erosi dan pencemaran. Alhamdulillah, beberapa plastik yang kita sediakan sudah menampung sampah-sampah yang berserakan sehingga pasir terlihat indah, menarik, dan bersih sedap dipandang mata,” ungkap Kepala MTsN 6 Bantul yang memunguti sampah bersama guru lainnya.

Aksi bersih sampah ini juga selaras dengan tekad MTsN 6 Bantul untuk mewujudkan madrasah adiwiyata. Setelah beberapa waktu lalu melakukan studi tiru di sekolah adiwiyata nasional, warga MTsN 6 Bantul terus giat melakukan serangkaian kegiatan. Dimulai dari gerakan menanam pohon oleh siswa, peniadaaan sampah plastik, penanaman tumbuhan hidroponik hingga bersih pantai ini menjadikan madrasah semakin yakin terciptanya lingkungan yang sehat, bersih, asri, dan berkarakter peduli. Ritaningsih Sudjoko, guru BK yang turut memunguti sampah di Pantai Baru menyatakan senang bisa berkontribusi mewujudkan keindahan lingkungan, khususnya di Kabupaten Bantul ini. “Karena dilakukan secara bersamaan, kegiatan bersih pantai ini menjadi tidak berat. Dalam waktu dua jam sampah di sepemandangan mata sudah hilang,” tuturnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image