Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Beni Adriansyah

Memahami Kewirausahaan

Info Terkini | Friday, 14 Jan 2022, 14:02 WIB
Wirausaha 

Wirausaha adalah individu yang berupaya membangun usaha atau lapangan kerja secara mandiri dengan didasari inovasi dan kreativitas yang unik sehingga bisa menghasilkan keuntungan finansial. Wirausaha cenderung berani menempuh risiko, namun di baliknya terdapat potensi kesuksesan bisnis sebagaimana idenya yang orisinal belum memiliki pesaing.

Jika kamu sudah lama ingin memulai wirausaha dan sudah punya tabungan yang cukup untuk dijadikan modal awal, jangan ragu untuk mewujudkan mimpi besarmu itu. Sebagai salah satu awalan yang bagus, jangan lupa untuk memproteksi usaha kita dengan asuransi properti agar aset-aset usaha kita senantiasa terlindungi.

Nah, walau kata wirausaha itu sendiri sudah sangat umum kita dengar, namun mungkin kita belum memahami seluk-beluknya. Untuk itu, mari simak pengertian wirausaha selengkapnya di sini.


Karakteristik wirausaha
Seorang wirausahawan yang unggul tentu memiliki karakteristik tersendiri dan belum tentu dimiliki semua orang. Lagipula, nilai-nilai inilah yang menjadikan seseorang bisa sukses di bidangnya.

Jadi, apa saja karakteristik yang dimaksud? Pertama, keberanian yang tinggi. Berani mengambil keputusan meskipun memiliki risiko tinggi. Lalu, kedua adalah daya kreativitas yang tinggi. Ketiga yakni memiliki berbagai inovasi yang jarang terpikirkan oleh orang lain. Dapat berpikir secara jangka panjang.

Karakteristik keempat yaitu memiliki semangat dan kemauan yang keras. Kelima, memiliki sifat hemat atau tidak konsumtif. Terakhir atau keenam yakni memiliki sikap kepemimpinan dan bisa memotivasi diri sendiri dan tim kerjanya.

Nah, jika kita telah memiliki ciri-ciri di atas, maka kita sudah bisa memulai usaha. Yang pastinya bisa memberikan keuntungan dalam jangka panjang.

Tips menjadi wirausaha dengan sukses Setiap wirausahawan tentu ingin usaha yang dijalaninya mendapatkan keuntungan yang besar. Maka dari itu, coba ikuti tiga tips mudah berikut ini agar usaha yang dijalani semakin sukses.

Pelaku wirausaha wajib perhatikan hal-hal ini
Dengan modal seadanya, rasa percaya diri, dan kemampuan yang dirasa mampu untuk membangun suatu usaha membuat beberapa wirausahawan pemula melupakan 3 hal ini sebelum memulai usaha. Apa saja itu?

1. Lupa menggali potensi diri
Setiap orang pada umumnya memiliki minat, bakat, dan potensi. Kamu perlu menggalinya, jangan hanya berorientasi dengan usaha yang sedang naik daun. Bisa-bisa kamu hanya membuat suatu usaha tapi tidak bisa mengelolanya.

Mengetahui dan menggali potensi diri menjadi salah satu faktor penting dalam mengembangkan usaha yang akan dilakukan. Sebab, saat seseorang udah mengetahui apa bakatnya, di mana potensinya, maka usaha yang dijalankan akan terasa lebih mudah dan cepat berkembang.

Wirausahawan yang unggul perlu memiliki enam karakter utama ini, yaitu: 

Fokus. Fokus pada satu usaha yang akan dijalankan agar memiliki dampak positif yang besar.

Advantage. Target wirausahawan adalah keuntungan.

Creativity. Memiliki pemikiran kreatif dalam promosi produk dan mengatasi persaingan pasar.

Ego. Pandai mengelola ego diri sendiri, sikap seperti apa yang harus dilakukan saat menghadapi masalah.

Team work. Sekalipun kamu sebagai owner, di dalam berwirausaha tetap memerlukan tim. Kerja sama tim yang struktural penting untuk menunjang pengelolaan usaha.

Social insight. Kembangkan jiwa sosial agar produk yang dibuat mudah diterima masyarakat.

 

2. Kategori yang manakah kamu?

Berikut kategori-kategori untuk menjadi seorang wirausahawan.

Penemu, menjadi si otak. Biasanya si penemu akan banyak berpikir mengenai konsep usaha, promosi, hingga metodologi.

Inovator, dapat memecahkan masalah baru dan mampu mengembangkan teknologi baru.

Marketer, mampu menganalisis dan mengidentifikasi kebutuhan pasar. Tak lupa juga mampu mengelola agar produk dapat memenuhi kebutuhan pasar.

Oportunis, bisa menyesuaikan antara kebutuhan dan jasa yang akan diperoleh.

 

3. Potensi wajib yang diperlukan
Selain potensi yang dimiliki diri sendiri, wirausahawan juga membutuhkan beberapa potensi wajib untuk membangun dan mengembangkan usahanya. Potensi tersebut dibagi ke dalam tiga kategori, di antaranya:

• Teknis, misalnya kemampuan menulis, mendengar, presentasi, membina organisasi, dan bekerja sama.

• Manajemen, kemampuan memulai, mengembangkan, dan mengelola perusahaan. Misalnya, membuat keputusan, memasarkan pengelolaan keuangan, dan produksi.

• Kewirausahaan, maksudnya adalah memiliki keterampilan seperti kedisiplinan, pengambilan risiko, pemikiran yang inovati, memiliki jiwa kepemimpinan, dan orientasi pada perubahan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image