Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Rafi Goutama Gunandi

Pentingnya Kepemimpinan dalam Pemerintahan

Eduaksi | Friday, 14 Jan 2022, 20:41 WIB

Dalam kehidupan sehari-hari tentunya kita sering mendengar kata kepemimpinan ataupun melakukan suatu kepemimpinan dalam suatu organisasi atau lembaga. Kepemimpinan merupakan unsur penting untuk menjalankan suatu kelompok atau organisasi agar mencapai tujuan yang di inginkan secara efektif dan efesien Oleh karena itu banyak sekali berbagai cara seseorang dalam memimpin dalam kepemimpinan. Pengertian kepemimpinan merupakan kekuatan yang sangat penting dibalik kekuasaan berbagai organisasi dan untuk menciptakan organisasi yang efektif maka ruang lingkup kerja mengenai hal ikhwal yang bisa dicapai, kemudian memobilisasi organisasi itu untuk berubah kearah visi baru (Werren Bennis & Burt Nanus, 2006). Dalam suatu pemerintahan tentunya mempunyai pemimpin dimulai dari tingkat negara sampai desa. Sebuah pemerintahan bergantung pada kapabilitas yang dimiliki oleh setiap pemimpin, kapabilitas yang dimaksud adalah kemampuan dalam melaksanakan tugas pemerintahan sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan rakytanya serta tuntutan masayrakat global. Pemimpin yang bijak maka memiliki cara kepemimpinan yang baik juga, hal ini menentukan bagaiamana arah pemerintah yang dipimpinnya untuk menciptakan suatu perubahan yang orientasinya mensejahterakan rakyat dan memajukan wilayah pemerintahan.

Kepemimpinan pemerintahan sangat erat kaitannya dengan politik oleh karena itu kepemimpinan dalam politik memeliki tiga perspektif yaitu, kepemimpinan sebagai perilaku yang dimaksud sebagai perilaku disini yaitu kepemimpinan sebagai pola perilaku kepemimpinan yang sangat mempunyai kaitan dengan kemampuannya untuk mempengaruhi seseorang ataupun orang lain dalam mengupayakan sebuah tujuan yang diharapkan,, kepemimpinan sebagai kualitas personal memiliki hubungan dengan kualitas yang berpengaruh kekuatan personal ini akan efektif apabila pengaruhnya terhadap yang bersifat efektif, dan kepemimpinan sebagai politik pemimpinan itu sebuah pembangun. Kepemimpinan pemerintahan di indonesia saat ini Kepemimpinan Pemerintahan diIndonesia sendiri menerapkan sistem pemrintahan demokrasi yang sesuai dengan pancasila, dalam hal ini pun pemerintah Indonesia harus benar-benar mampu menjalankan roda pemerintahan dengan sifat-sifat pemimpin yang sesuai dengan sistem pemerintahan yang ada di Indonesia.

Pada era globalisasi yang cepat saat ini pemimpin dituntut untuk melakukan berbagai upaya dalam menghadapi perubahan dunia agar pemerintahan bisa mengikuti perkembangan zaman dan melahirkan suatu inovasi untuk mensejahterkana rakyatnya, akan tetapi pemimpin di indonesia saat ini sangat terbuai dengan perkembnagan zaman.banyak dari mereka para pemimpin terjerat kasus korupsi. kurang sadarnya pemimpin akan dampak dari arus globalisasi yang begitu cepat membuat kondisi-kondisi bangsa sangat rentan dan cepat berubah, salah satunya tentang pluralisme, perbedaan pendapat yang menyebabkan masyarakat gagal memhamai arti penting keberagaman. Dengan berbagai masalah yang di hadapi pada zaman yang berkembang cepat saat ini maka solusi yang tepat untuk mengatasinya yaiitu dengan menerpak kepemimpinan pancasila,. Pemimpin dalam menjalankan pemerintahnnya harus dilandasi pada nilai-nilai pancasila sebagai landasan falsafah negara, kepemimpinan pancasila penting diimplemntasikan di tengah terbukanya tatanan globalisasi. Betapa pentingnya pemahaman pemimpin tentang falsafah negaranya dikarenakan falsafah negara merupakan pandangan hidup semua rakyat indonesia dan sebagai pemimpin pemerintah harus mampu mengemban kewajiban untuk mewujudkan tujuan bersama tersebut.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image