Sabtu 15 Jan 2022 09:40 WIB

Airlangga: Pemerintah Komitmen Dorong Pertumbuhan Industri Kreatif

Kreator industri kreatif nasional harus siap bersaing dengan konten dari luar negeri.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto
Foto: Istimewa
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan komitmen pemerintah untuk mendukung pertumbuhan industri kreatif di Indonesia. Hal itu disampaikan Airlangga saat gelaran Wayang Youth Ferstival, pada Kamis (13/1) secara virtual.

Airlangga mengapresiasi gelaran Wayang Youth Ferstival yang bisa membangkitkan industri kreatif nasional sekaligus menanamkan kebanggaan anak muda untuk menciptakan karya yang sesuai budaya asli Indonesia. Menko Perekonomian menilai apa yang dilakukan Wayang Youth Festival bisa menjadi wujud peran anak muda Indonesia dalam pertumbuhan industri kreatif nasional.

Baca Juga

“Terlebih Wayang Kulit Indonesia telah diakui UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia yang Mengagumkan, hal ini perlu kita angkat terus dan kita lestarikan,” tutur Airlangga dalam keterangan, Jumat (14/1).

Airlangga menambahkan, keunggulan di pasar domestik ini menjadi peluang bagi anak-anak bangsa untuk dapat menampilkan konten kreatif dan mendapatkan manfaat ekonomi. Namun, kreator industri kreatif nasional juga harus siap untuk bersaing dengan banjirnya konten-konten dari luar negeri.

“Kita harus dapat menghadapi krisis identitas dan budaya akibat masifnya konten tayangan budaya luar yang masih mendominasi di Indonesia dengan berbagai produk atau konten kreatif hasil anak bangsa kita sendiri,” ujar Menko Airlangga.

Ketua Umum DPP Partai Golkar ini menegaskan, pemerintah akan terus konsisten mendukung pertumbuhan dan menjadikan industri kreatif sebagai salah satu sektor yang bisa menjadi penopang pertumbuhan ekonomi nasional. Berdasarkan data Kemenko Perekonomian, Indonesia merupakan pangsa yang sangat besar untuk konten-konten industri kreatif digital.

Menurut data We Are Social jumlah pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mencapai 202,6 juta jiwa atau 73,7 persen dari populasi dan 98,5 persen dari jumlah tersebut menonton video online. Saat ini terdapat sekitar lebih dari 8,2 juta jumlah usaha kreatif di Indonesia yang didominasi oleh usaha kuliner, fashion, dan kriya.

Selain itu, terdapat empat sub sektor ekonomi kreatif dengan pertumbuhan tercepat yaitu film, animasi, dan video, seni pertunjukan, dan desain komunikasi visual. Pertumbuhan yang pesat di sektor ini didukung oleh semakin tingginya adopsi teknologi digital di masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement