Jumat 14 Jan 2022 19:46 WIB

Agama yang Benar di Sisi Allah SWT adalah Islam, Begini Penegasan Alquran

Alquran menegaskan Islam adalah agama yang benar di sisi Allah SWT

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Islam. Alquran menegaskan Islam adalah agama yang benar di sisi Allah SWT
Ilustrasi Islam. Alquran menegaskan Islam adalah agama yang benar di sisi Allah SWT

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –  Agama Islam diunggulkan atas segala agama, baik agama-agama yang lebih dulu ada, maupun agama-agama baru yang diciptakan manusia, walaupun terhadap kenyataan itu orang-orang musyrik tidak menyukainya.

Alquran menyampaikan bahwa agama Islam adalah agama yang benar dan unggul dari agama-agama lainnya. 

Baca Juga

Untuk menjamin kesempurnaan agama Islam diutuslah Nabi Muhammad ﷺ dengan membawa petunjuk yakni Alquran. Hal ini dijelaskan dalam surat At Taubah ayat 33 dan tafsirnya. 

هُوَ الَّذِيْٓ اَرْسَلَ رَسُوْلَهٗ بِالْهُدٰى وَدِيْنِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهٗ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهٖۙ وَلَوْ كَرِهَ الْمُشْرِكُوْنَ 

“Dialah yang telah mengutus Rasul-Nya dengan petunjuk (Alquran) dan agama yang benar untuk diunggulkan atas segala agama, walaupun orang-orang musyrik tidak menyukai.” (QS At Taubah ayat 33) 

Menurut Tafsir Kementerian Agama, ayat ini menerangkan, Allah ﷻ meninggikan agama Islam, Dia juga yang telah mengutus Rasul-Nya dengan membawa petunjuk yakni Alquran, yang berisi berita-berita yang benar serta bukti-bukti nyata tentang keesaan Allah ﷻ.

Agama yang benar, yakni sikap keberagamaan yang lurus yang membawa manfaat, baik di dunia maupun di akhirat.  

Ayat ini juga menerangkan bahwa sebagai jaminan atas kesempurnaan agama, maka diutuslah seorang Rasul yaitu Nabi Muhammad ﷺ dan dibekali sebuah kitab suci yaitu Alquran yang berisi petunjuk yang menjelaskan segala sesuatunya dan mencakup isi kitab-kitab sebelumnya.

Agama Islam telah diridhai Allah ﷻ untuk menjadi agama yang dianut oleh segenap umat manusia. Allah ﷻ berfirman: 

وَرَضِيتُ لَكُمُ الْإِسْلَامَ دِينًا

"Dan telah Aku ridhai Islam sebagai agamamu." (QS Al Maidah ayat 3) 

Agama Islam sesuai dengan segala keadaan dan tempat, serta berlaku sepanjang masa sejak disyariatkan sampai akhir zaman. Oleh karena itu, tidak heran kalau agama Islam mendapat sambutan dari segenap umat manusia dan jumlahnya bertambah dengan pesat.

Sehingga dalam waktu yang singkat, umat Islam sudah tersebar ke segala penjuru dunia, menempati tempat yang mulia dan tinggi. Meskipun orang musyrik tidak senang atas kenyataan itu, bahkan tetap menghalang-halangi dan ingin menghancurkannya. 

Tetapi kodrat iradat Allah juga yang akan berlaku, tidak ada suatu kekuatan apapun yang dapat menghambat dan menghalanginya. Allah ﷻ berfirman: 

سُنَّةَ اللَّهِ الَّتِي قَدْ خَلَتْ مِنْ قَبْلُ ۖ وَلَنْ تَجِدَ لِسُنَّةِ اللَّهِ تَبْدِيلًا "(Demikianlah) hukum Allah, yang telah berlaku sejak dahulu, kamu sekali-kali tidak akan menemukan perubahan pada hukum Allah itu.” (QS Al Fath 23)     

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement