Saturday, 3 Zulhijjah 1443 / 02 July 2022

Lomba Matematika Taraf Internasional IKMC Hadir Kembali Tahun Ini

Jumat 14 Jan 2022 18:57 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Klinik Pendidikan MIPA kembali menjadi tuan rumah untuk Indonesia dalam mengikuti kompetisi IKMC. Pendaftaran akan dibuka pada tanggal 8 Januari 2022 dan akan ditutup pada tanggal 26 Maret 2022. Pelaksaan IKMC sendiri akan dilakukan pada tanggal 27 Maret 2022.

Klinik Pendidikan MIPA kembali menjadi tuan rumah untuk Indonesia dalam mengikuti kompetisi IKMC. Pendaftaran akan dibuka pada tanggal 8 Januari 2022 dan akan ditutup pada tanggal 26 Maret 2022. Pelaksaan IKMC sendiri akan dilakukan pada tanggal 27 Maret 2022.

Foto: KPM
Klinik Pendidikan MIPA jadi tuan rumah kompetisi IKMC untuk Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- International Kangaroo Mathematics Contest adalah sebuah kompetisi Matematika internasional dan salah satu kompetisi terbesar dan tertua di dunia. Kompetisi ini yang telah dilaksanakan sejak tahun 1991 oleh Association Kangarou Sans Frontires dan diikuti lebih dari 90 negara.

Klinik Pendidikan MIPA kembali menjadi tuan rumah untuk Indonesia dalam mengikuti kompetisi ini. Pendaftaran akan dibuka pada tanggal 8 Januari 2022 dan akan ditutup pada tanggal 26 Maret 2022. Pelaksaan IKMC sendiri akan dilakukan pada tanggal 27 Maret 2022.

Tujuan diadakannya kompetisi ini adalah sebagai wadah untuk mengukur kecerdasan Matematika pada anak tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. “Soal-soal yang akan diambil dalam kompetisi ini merupakan soal dari buku teks standar dan soal terdiri dari bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Topik yang diambil pun berasal dari berbagai macam dengan ide-ide kreatif, inspiratif dan imajinatif,” menurut Manager Lomba KPM Ardianto.

Walaupun kompetisi ini bertaraf internasional, kegiatan ini tetap dilaksanakan dimasing-masing negara. Adapun pelaksanaan di Indonesia adalah sebagian online dan sementara yang lainnya offline. 

Pengerjaan online dapat dilaksanakan dirumah masing-masing dengan menggunakan smartphone, tablet, komputer, atau laptop,sedangkan untuk pengerjaan offline biasanya dilaksanakan di sekolah masing-masing peserta dengan menyiapkan alat tulis seperti buku dan pulpen.

Tata cara pendaftaran peserta dapat melalui KPM pusat dengan mengisi formulir pendaftaran di web KPM www.kpm.read1institute.org atau dapat menghubungi narahubung masing-masing cabang KPM dan penanggung jawab lomba yang sudah ditunjuk oleh KPM pusat.

Seluruh peserta IKMC akan mendapatkan tryout sebelum pelaksaan lomba, yaitu pada tanggal 24-26 Maret 2022. Sedangkan, pemenangnya akan mendapatkan trofi untuk siswa terbaik tiap level dan hadiah spesial bagi top 20 di tiap level, serta akan mendapatkan goldaward, silveraward, bronzeaward, dan e-sertifikat.

Biaya pendaftaran untuk kompetisi ini tidak ditargetkan, melainkan seikhlasnya dengan menyesuaikan kemampuan peserta. Jadi, tunggu apa lagi? Jangan lewatkan buat daftar kompetisi ini ya.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA