Jumat 14 Jan 2022 14:44 WIB

Solo Memulai Vaksinasi Booster untuk Lansia

Sebanyak 400 ribu sasaran booster Solo masih menunggu distribusi vaksin.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Ilham Tirta
Vaksinator menyuntikkan vaksin COVID-19 dosis ketiga kepada lansia (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Nyoman Hendra Wibowo
Vaksinator menyuntikkan vaksin COVID-19 dosis ketiga kepada lansia (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mulai memberikan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster kepada warga lanjut usia (lansia) pada Jumat (14/1/2022). Pencanangan dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Surakarta atau RSUD Ngipang, Kelurahan Kadipiro, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah.  

Salah satu lansia yang mendapatkan vaksin booster, Bibit Tyastuti (73 tahun), mengaku mendapatkan undangan vaksin booster dari kelurahan pada Kamis (13/1/2022), malam. Jumat paginya, dia datang ke RSUD Ngipang pukul 08.00 WIB. Setelah mengantre, dia mendapatkan giliran suntikan vaksin booster.

Baca Juga

Bibit mengaku tekanan darahnya sempat turun menjelang disuntik vaksin. Biasanya, tekanan darahnya normal pada kisaran 130-140, tetapi ketika hendak divansin turun menjadi 110.

"Tadi sempat khawatir karena tensi saya turun. Tapi setelah disuntik tidak ada reaksi apa-apa, tidak sakit dan tidak nyeri," kata warga Kelurahan Joglo, Kecamatan Banjarsari, tersebut saat ditemui Republika.co.id seusai disuntik vaksin.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih mengatakan, untuk tahap awal, vaksinasi booster menyasar lansia dan kelompok berpenyakit rentan. Berdasarkan data DKK, jumlah lansia yang sudah mendapatkan vaksin primer di Solo sebanyak 55 ribu. Sedangkan total lansia yang terdata di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Solo sebanyak 72 ribu.

"Lansia 55 ribu itu saya sudah 93 persen, paling tidak 55 ribu itu harus saya berikan vaksin booster semua. Kalau suplai vaksinnya lancar ya Februari selesai," jelas Siti kepada wartawan seusai acara pencanangan vaksinasi booster.

Setelah lansia dan kelompok berpenyakit rentan, sasaran selanjutnya untuk vaksinasi booster, yakni masyarakat umum usia 18 tahun ke atas. Jumlahnya mencapai 400-an ribu untuk warga Solo.

Dia berharap segera mendapatkan distribusi vaksin booster agar segera bisa disuntikkan kepada masyarakat. DKK juga telah mengajukan vaksin jenis Sinovac, Astrazeneca, dan Moderna kepada pemerintah pusat. Vaksin Sinovak digunakan untuk vaksinasi primer kelompok anak-anak usia 6-11 yang masih berjalan. Sedangkan jenis Astrazeneca dan Moderna untuk vaksin booster.

"Mudah-mudahan saya segera mendapatkan kiriman vaksin lagi sehingga tetap bisa jalan. Karena saya tidak bisa meninggalkan vaksin anak. Vaksin anak dan booster sama-sama prioritas. Artinya harus jalan berdampingan," ungkap Siti.  

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengakui sasaran vaksinasi booster masih sangat terbatas lantaran stok vaksin juga terbatas. Pemkot masih menunggu kiriman vaksin untuk booster maupun vaksin primer.

"Warga terutama lansia sangat antusias sekali. Pelaksanaan lancar, semuanya antusias dan semoga bisa tambah sehat setelah mendapat booster ini," ujar Gibran.

Baca juga : Efek Samping Vaksin Booster Berikut Cara Menghindarinya

Direktur RSUD Ngipang, Retno Erawati mengatakan, pada hari pencanangan vaksinasi booster ini, pihaknya menyasar 150 lansia. Kemudian akan dilanjutkan untuk 150 lansia pada hari berikutnya. Sasaran tersebut sudah ditetapkan oleh Dinas Kesehatan.

Dia menyebut, sasaran vaksinasi booster syaratnya sudah mendapatkan vaksin primer dua dosis. "Prioritasnya lansia. Nanti hari Sabtu (15/1/2022) kami sudah mendapatkan sasaran. Untuk selanjutnya, kami masih menunggu sasaran dari Dinas Kesehatan," ucap Retno kepada wartawan, Kamis (13/1/2022).

Terkait teknis vaksinasi, RSUD Ngipang menerjunkan dua tim dengan total sektar 10 tenaga vaksinasi. Sehingga, para lansia tidak terlalu lama menunggu antrean. "Selain booster lansia, kalau ada yang mendaftar vaksin primer tetap kami layani," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement