Jumat 14 Jan 2022 12:18 WIB

Antisipasi Animo Tinggi, ITDC Tambah Kapasitas Penonton MotoGP

Fokus ITDC saat ini membenahi Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Nidia Zuraya
Sejumlah warga menonton balap motor di Pertamina Mandalika International Street Circuit di Praya, Lombok Tengah, NTB. ilustrasi
Foto: ANTARA/Ahmad Subaidi
Sejumlah warga menonton balap motor di Pertamina Mandalika International Street Circuit di Praya, Lombok Tengah, NTB. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) memastikan kesiapan dalam menggelar Tes Pra-Musim MotoGP dan event MotoGP 2022 pada Februari dan Maret mendatang. 

Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer mengatakan fokus ITDC saat ini membenahi Pertamina Mandalika International Street Circuit yang menjadi syarat dan prasyarat homologasi menjelang MotoGP 2022."Beberapa pekerjaan proyek yang saat ini tengah disiapkan ITDC, antara lain menambah kapasitas penonton sejumlah lebih dari 50 ribu kursi yang ditargetkan selesai pada Maret 2022 sebelum perhelatan MotoGP berlangsung," ujar Abdulbar dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (14/1/2022).

Abdulbar menyebut kapasitas penonton ini lebih banyak dibandingkan WSBK 2021 guna mengantisipasi animo penonton yang tinggi terhadap event balap berkelas dunia ini.  

Selain mengerjakan sejumlah pekerjaan proyek, lanjut Abdulbar, ITDC Group juga tengah menyiapkan sejumlah kebutuhan utilitas pendukung penyelenggaraan MotoGP antara lain penyediaan air bersih dengan volume 4.800 m3, suplai tenaga listrik untuk sirkuit sebesar 5,19 KVa, penguatan kapasitas ICT mencapai 1.000 Mbps pada hari balap.

Baca juga : Frekuensi Penerbangan ke Lombok akan Ditambah Saat MotoGP Digelar

Abdulbar menyampaikan kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di KEK Mandalika mendorong perusahaan mempersiapkan segala sesuatu dengan sebaik-baiknya. Selain itu, dia katakan, kunjungan tersebut juga menunjukkan besarnya dukungan kementerian dan lembaga dalam mempersiapkan event, baik dari sisi fasilitas fisik maupun organisasi.

"Hal ini sesuai arahan dari Bapak Presiden agar persiapan dapat dilakukan dengan baik sehingga event MotoGP dapat berjalan dengan sukses," ucap Abdulbar.

Sebelum meninjau The Mandalika, presiden telah melaksanakan simulasi pelaksanaan event MotoGP mencakup persiapan kedatangan kru balap, pembalap, serta penonton, penerapan protokol kesehatan, simulasi loading unloading barang, kesiapan transportasi, dan akomodasi. Di samping itu, kunjungan ini dilaksanakan juga untuk meninjau penataan lansekap dari Bandara Zainuddin Abdul Madjid (ZAM) Lombok menuju The Mandalika. 

Abdulbar optimistis persiapan akan berjalan dengan baik dan siap menyelenggarakan MotoGP pada Maret mendatang. Ia meyakini MotoGP merupakan sebuah event yang penting karena dapat menjadi simbol kebangkitan ekonomi nasional serta memberikan multiplier effect yang dapat dinikmati masyarakat. 

"Event ini juga akan menunjukkan kepada dunia bahwa kita mampu menyelenggarakan dan menjadi tuan rumah sebuah event internasional berskala besar di tengah masa adaptasi kebiasaan baru ini," kata Abdulbar.

Baca juga : Cara Cek Vaksinasi Booster di Pedulilindungi 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement