Kamis 13 Jan 2022 22:24 WIB

UNY Raih Penghargaan Anugerah Diktiristek

Pada 2022 akan dibuka program MBKM yang lebih besar lagi.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Muhammad Fakhruddin
UNY Raih Penghargaan Anugerah Diktiristek (ilustrasi).
Foto: Dok UNY
UNY Raih Penghargaan Anugerah Diktiristek (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SLEMAN -- Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil meraih tiga penghargaan dalam Anugerah Diktiristek 2021. Raihan pertama UNY disabet sebagai Terbaik 1 kategori Pengelolaan Data Kerja Sama Perguruan Tinggi Badan Layanan Umum.

Kemudian, Terbaik II Manajemen Laporan Kerja Sama dan Fasilitasi Kerja Sama Perguruan Tinggi Badan Layanan Umum. Terakhir, UNY turut meraih Harapan I Unit Layanan Terpadu Perguruan Tinggi Badan Layanan Umum Anugerah Dikti Ristek 2021.

Baca Juga

Penghargaan diterima langsung Rektor UNY, Prof Sumaryanto, di Jakarta. Kegiatan ini diinisiasi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Terdiri dari beberapa penghargaan yaitu Anugerah Kampus Merdeka, Anugerah Kerja Sama, Anugerah Humas, serta Anugerah Jurnalis dan Media. Anugerah ini merupakan apresiasi Dikti Ristek kepada perguruan tinggi, mitra, jurnalis maupun media.

Yang mana, telah berpartisipasi aktif dan meraih pencapaian tertinggi mendukung implementasi kebijakan MBKM dan Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi. Plt Dirjen Dikti Ristek, Nizam mengatakan, mulanya ini digelar pada akhir tahun.

Tahun ini, mereka menambah dengan dua anugerah baru yaitu Anugerah Kampus Merdeka dan Anugerah Kerja Sama. Nizam mengungkapkan, pada 2022 akan dibuka program-program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang lebih besar lagi.

Kemudian, meminta dukungan pimpinan-pimpinan perguruan tinggi untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa dengan 20 SKS secara penuh. Lalu, wadah kerja sama akan lebih diakselerasi agar perguruan tinggi dan dunia industri semakin erat.

"Hal ini untuk menjadikan perguruan tinggi sebagai mata air pembangunan sumber daya manusia bagi pembangunan bangsa dan negara," kata Nizam, Kamis (13/1/2022).

Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama UNY, Prof Siswantoyo merasa, ini bagian sinergi pimpinan dan seluruh unsur yang terlibat. Sesuai semangat yang selalu digaungkan, bersama kita bisa, bersatu kita maju, bermitra kita juara.

"Ke depannya, diharapkan tentu dapat lebih meningkat dalam rangka UNY menjadi PTN Badan Hukum dan perguruan tinggi pendidikan kelas dunia," ujar Siswantoyo. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement