Kamis 13 Jan 2022 21:35 WIB

Gejala Anak-Orang Dewasa Kekurangan Kalsium

Kekurangan kalsium dapat berdampak besar pada tubuh.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Susu merupakan salah satu sumber kalsium. Kenali tanda-tanda tubuh kekurangan kalsium.
Foto: Pxhere
Susu merupakan salah satu sumber kalsium. Kenali tanda-tanda tubuh kekurangan kalsium.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kalsium dibutuhkan untuk meningkatkan kepadatan mineral tulang dan juga menjaga kesehatan gigi. Sumber kalsium bisa didaparkan dari asupan susu, keju, yoghurt, kangkung, okra, sayuran berdaun gelap, kacang polong, hingga sarden.

Kekurangan kalsium dapat berdampak besar pada tubuh. Saat mengabaikan tanda-tandanya dalam waktu yang lama, maka berpotensi menyebabkan konsekuensi masalah kesehatan mulai dari rakhitis pada anak-anak, osteoporosis, hingga kejang.

Baca Juga

Asupan kalsium yang buruk atau intoleransi terhadap makanan yang kaya kalsium dapat menyebabkan kekurangan kalsium selama periode waktu tertentu. Perubahan hormonal pada perempuan dan faktor genetik tertentu juga dapat memengaruhi kadar kalsium.

Jika sering mengalami masalah gigi, lelah sepanjang waktu, memiliki kulit kering, mengalami kram otot, boleh jadi itu adalah tanda kekurangan kalsium. Sudah saatnya mengatasi masalah tersebut dan mengembalikan kadar kalsium dalam tubuh.

 

Kekurangan kalsium umumnya terlihat pada anak-anak dan orang dewasa dan dapat mengundang berbagai masalah kesehatan. Kalsium adalah salah satu mineral penting yang dibutuhkan seseorang untuk tulang dan gigi yang baik.

"Hal ini diperlukan untuk berfungsinya saraf, otot, dan jantung," kata dr Niranjan Naik, Konsultan Patologis, Apollo Diagnostic, di Pune, India.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement