Saturday, 27 Syawwal 1443 / 28 May 2022

Fatima Sheikh, Guru Muslimah Pertama di India yang Dilupakan

Jumat 14 Jan 2022 06:05 WIB

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah

Ilustrasi Muslimah. Fatima Sheikh, Guru Muslimah Pertama di India yang Dilupakan.

Ilustrasi Muslimah. Fatima Sheikh, Guru Muslimah Pertama di India yang Dilupakan.

Foto: Pixabay
Fatima mengajar di sekolah khusus perempuan pada tahun 1840-an.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Pada 9 Januari lalu, Google menghormati Fatima Sheikh, seorang reformis dan pendidik dengan sebuah doodle di berandanya pada ulang tahun kelahirannya yang ke-191. Tokoh ini dikenang secara luas sebagai guru wanita Muslim pertama di India. 

Dilansir dari Turkish Radio and Television (TRT World), Selasa (11/1/2022), Fatima mengajar di sekolah khusus perempuan pada tahun 1840-an. Ia tetap melakukan kegiatannya itu meskipun ditentang keras oleh kaum feodal dan konservatif yang mengikuti sistem kasta yang kaku. Ditambah lagi, saat itu adalah masa ketika hanya orang-orang istimewa yang memiliki akses ke sekolah.

Baca Juga

Tetapi jasanya sebagian besar telah dilupakan masyarakat kini, bahkan ada perdebatan seputar tanggal pasti kelahirannya. Orang-orang kembali tertarik pada kisahnya di tengah kekhawatiran pemerintah nasionalis Hindu Perdana Menteri Narendra Modi secara sistematis merongrong minoritas, terutama Muslim.

“Kami tidak melihat partisi atau peristiwa yang mengarah ke sana dengan tingkat netralitas apa pun. Saya pikir ada keinginan untuk menjelekkan (Muhammad Ali) Jinnah dan apa yang terjadi dalam 25 tahun sebelum 1947,” kata Kepala Amnesty International India Aakar Patel kepada TRT World.

“Karena itu, ada keengganan untuk mencoba dan memahami seperti apa kehidupan Muslim sebelum pemisahan," tambahnya. 

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA