Kamis 13 Jan 2022 20:32 WIB

Urutan Makan yang Benar Bantu Jaga Kadar Gula Darah: Protein-Sayur Dulu atau Karbo?

Ketahui urutan makan protein, sayuran, karbohidrat yang benar agar glukosa terjaga.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Nasi dan lauk pauknya. Ketahui urutan yang benar dalam makan protein, sayuran, dan karbohidrat agar kadar glukosa darah terjaga.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Nasi dan lauk pauknya. Ketahui urutan yang benar dalam makan protein, sayuran, dan karbohidrat agar kadar glukosa darah terjaga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah studi menunjukkan urutan makanan yang dikonsumsi dapat berdampak pada kadar glukosa dan insulin orang yang obesitas. Diet seimbang masih jadi satu hal penting, khususnya bagi pengidap diabetes, agar kadar gula darah tetap terjaga.

Ahli gizi Pooja Makhija mengutip sebuah studi baru yang dilakukan oleh para peneliti dari Weill Cornell Medical College di New York City, Amerika Serikat. Studi itu mengatakan bahwa mengubah urutan jenis makanan yang disantap dapat mencegah lonjakan gula setelah makan.

Baca Juga

"Menurut penelitian, ketika sayuran dan protein dimakan sebelum karbohidrat, kadar glukosa 29 persen, 37 persen, dan 17 persen lebih rendah pada pemeriksaan 30, 60, dan 120 menit, dibandingkan dengan ketika karbohidrat dikonsumsi terlebih dahulu," ucap Makhija, dilansir Hindustan Times, Kamis (13/1/2022).

Lalu, insulin ditemukan secara signifikan lebih rendah ketika seseorang memakan sayuran dan protein terlebih dahulu. Urutan menyantap makanan ini juga dapat memperlambat penuaan, dapat membantu kontrol berat badan, dan hormon.

"Jadi, teorinya adalah jika kita makan sayuran dan protein sebelum makan karbohidrat, ada pengurangan 30 hingga 40 persen dalam insulin dan pengurangan lonjakan glukosa,” kata Makhija.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement