Jumat 14 Jan 2022 02:57 WIB

Ratusan Pekerja Sosial Masyarakat Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Kepesertaan 203 pekerja sosial ini disalurkan melalui dana CSR yayasan Al-Magfirah.

Rep: shabrina zakaria/ Red: Hiru Muhammad
Penyerahan simbolis kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk 203 pekerja sosial masyarakat yang tergabung dalam IPSM Kota Bogor, Kamis (13/1).
Foto: shabrina zakaria
Penyerahan simbolis kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk 203 pekerja sosial masyarakat yang tergabung dalam IPSM Kota Bogor, Kamis (13/1).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR— Ratusan anggota Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Kota Bogor didaftarkan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Para pekerja sosial ini didaftarkan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan lantaran mereka bekerja melindungi dan mengedukasi masyarakat agar turut terlindungi.

Ketua IPSM Jawa Barat, Eka Wardhana, mengatakan ada 203 dari sekitar 700 pekerja sosial di IPSM Kota Bogor yang didaftarkan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Dimana pendaftaran kepesertaan 203 pekerja sosial ini disalurkan melalui dana CSR yayasan Al-Magfirah.

Baca Juga

“Ini sebuah penghargaan yang luar biasa kepada kami, volunteer atau relawan terdidik yang ada di Kota Bogor yang terhimpun dalam IPSM yang ada di Kota Bogor. Karena, kami yang selama ini bekerja melindungi dan mengedukasi warga malah belum terlindungi,” ujar Eka kepada Republika, Kamis (13/1).

Eka mengatakan, anggota para pekerja sosial ini akan mendapatkan bantuan berupa subsidi pembiayaan iuran kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan selama tiga bulan kedepan. Ia pun berharap ratusan anggota lainnya bisa ikut terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Agar mereka turut terlindungi ketika bekerja memberikan perlindungan dan advokasi kepada warga.

“Yang pasti kami akan menjadikan ini sebuah motivasi dan ini juga akan menjadikan kami wajib, mewajibkan kepada seluruh anggota agar taat bayar aturan,” tuturnya.

Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Bogor, Mias Muchtar, mengatakan CSR yang diamanatkan oleh yayasan Al-Magfirah untuk disalurkan ke IPSM Kota Bogor merupakan bentuk kehadiran negara kepada para pekerja rentan.

Yayasan Al-Magfirah, kata Mias, merupakan yayasan yang dibangun oleh BPJS Ketenagakerjaan dan bertujuan untuk menyalurkan bantuan berupa perlindungan ketenagakerjaan kepada para pekerja rentan. Karena, selain IPSM, yayasan Al-Magfirah juga sudah menyalurkan bantuan Al-quran kepada PWI Kota Bogor.

“Dengan adanya hari ini, kami buktikan kepada DPRD Kota Bogor untuk kita mengelola CSR kawan-kawan yang ada untuk kita jadikan sebagai gerakan memberikan pelrindungan kepada masyarakat Kota Bogor,” katanya.

Pendaftaran ratusan pekerja sosial ini secara simbolis dilaksanakan di Gedung DPRD Kota Bogor, Kamis (13/1). Selain itu, BPJS Ketenagakerjaan juga secara simbolis menyalurkan bantuan JKM kepada pekerja rentan yang telah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement