Tuesday, 9 Rajab 1444 / 31 January 2023

Ini 5 Pengumpan Terbaik di Sepak Bola Era Tahun 2000-an

Jumat 14 Jan 2022 00:56 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto

Pemain Fenerbahce, Mesut Oezil.

Pemain Fenerbahce, Mesut Oezil.

Foto: EPA-EFE/Kenan Asyali
Menjebol gawang lawan memang hal hebat, tapi memberi assist juga tak kalah top.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sangat sulit menciptakan sebuah gol dalam sepak bola jika tidak didahului oleh umpan matang dari satu pemain ke pemain lainnya. Menjebol gawang lawan memang hal hebat, tapi memberi operan terukur alias assist juga tak kalah top.

Beberapa kompetisi elite seperti Liga Primer Inggris, La Liga Spanyol, Bundesliga Jerman, Serie A Italia, dan Ligue 1 Prancis adalah lima contoh kompetisi yang menghasilkan deretan pemain dengan kemampuan umpan di atas rata-rata.

Baca Juga

Laman Sportskeeda pada Rabu (12/1/2022) merangkum lima pesepak bola dengan operan terbaik. Berikut daftarnya.

5. Mesut Oezil

Mesut Oezil dikenal sebagai salah satu pesepak bola dengan gaya kreatif dalam menciptakan skenario sebelum gol tercipta. Ia memiliki kemampuan mencari rekannya yang berdiri di posisi strategis sebelum memberikan bola.

Dalam tiga musim Oezil bersama Real Madrid (2011-2014), dirinya mencatat 80 assist di semua kompetisi. Hanya dalam waktu singkat, dirinya masuk ke dalam jajaran 10 besar pemain Real Madrid dengan jumlah assist terbanyak.

4. Cesc Fabregas

Siapa sangka pemuda dengan postur kurus ketika menjalani debutnya bersama Arsenal menjadi salah satu gelandang paling diperhitungkan di dunia? Cesc Fabregas berhasil membuktikan kualitasnya.

photo
Cesc Fabregas - (AP Photo/Claude Paris)

Fabregas sukses bersinar ketika berseragam Arsenal. Saat usianya baru menginjak usia 21 tahun, dirinya bahkan terpilih menjadi kapten the Gunners.

Jebolan akademi La Masia Barcelona itu pun menjadi sosok di balik gol Andres Iniesta ke gawang Belanda di final Piala Dunia 2010. Tanpa operan matang dari Fabregas, bukan tak mungkin Iniesta tidak akan mencetak gol.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA