Wednesday, 23 Jumadil Akhir 1443 / 26 January 2022

Wednesday, 23 Jumadil Akhir 1443 / 26 January 2022

Dianggap Sebar Pernyataan Anti-Semit, Prancis Tutup Masjid Cannes

Kamis 13 Jan 2022 16:14 WIB

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah

Ilustrasi seorang polisi berjaga di depan Masjid Agung Paris, Prancis. Dianggap Sebar Pernyataan Anti-Semit, Prancis Tutup Masjid Cannes.

Ilustrasi seorang polisi berjaga di depan Masjid Agung Paris, Prancis. Dianggap Sebar Pernyataan Anti-Semit, Prancis Tutup Masjid Cannes.

Foto: Reuters
Dari 2.623 masjid dan tempat ibadah Muslim, 21 di antaranya telah ditutup.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Menteri Dalam Negeri Prancis Gerald Darmanin mengumumkan telah memerintahkan penutupan sebuah masjid di French Riviera karena dianggap menyebarkan pernyataan anti-Semit, Rabu (12/1/2022). 

Masjid di kota pantai mewah Cannes itu juga dianggap bersalah karena mendukung CCIF dan BarakaCity, dua asosiasi yang sebelumnya dibubarkan pemerintah akhir tahun lalu karena dianggap menyebarkan propaganda Islamis. Darmanin mengatakan kepada penyiar CNews bahwa dia telah berkonsultasi dengan Wali Kota Cannes David Lisnard sebelum menutup masjid tersebut.

Baca Juga

"Kami menutup salah satu masjid di Cannes karena kami menyalahkannya atas komentar anti-Semit, dukungan untuk CCIF (Collective Against Islamophobia in France) dan BarakaCity,” kata Darmanin kepada saluran televisi CNews, dilansir di ANF News, Kamis (13/1/2022).

CCIF dan BarakaCity yang menerima dukungan aktif dari negara Turki dibubarkan pada Oktober 2020 setelah terjadinya insiden pembunuhan brutal terhadap seorang guru bernama Samuel Paty. Sebelumnya, Darmanin mengatakan 70 tempat ibadah Muslim di negara itu teradikalisasi. Menurut kementerian tersebut, berdasarkan angka yang berasal dari akhir Desember 2021, ada 2.623 masjid dan tempat ibadah Muslim di seluruh Prancis dan 21 tempat di antaranya telah ditutup. 

https://anfenglish.com/news/france-shuts-down-another-mosque-57452

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA