Kamis 13 Jan 2022 16:07 WIB

Trik Mudah Ubah Telegram Jadi Penyimpanan Cloud Gratis

Telegram dapat memberi penyimpanan cloud gratis.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
 Ilustrasi foto menunjukkan ikon aplikasi aplikasi olah pesan media sosial Telegram yang ditampilkan pada ponsel di Oestrich-Winkel, Jerman, 04 Februari 2021 (dikeluarkan 05 Februari 2021).
Foto: EPA-EFE/MATTIA SEDDA
Ilustrasi foto menunjukkan ikon aplikasi aplikasi olah pesan media sosial Telegram yang ditampilkan pada ponsel di Oestrich-Winkel, Jerman, 04 Februari 2021 (dikeluarkan 05 Februari 2021).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pengembang di proyek sumber terbuka TeleDrive telah menemukan trik sederhana layanan pesan terenkripsi Telegram. Mereka menemukan bahwa Telegram dapat memberi pengguna penyimpanan cloud gratis.

Selain menawarkan berbagi file dan enkripsi tanpa batas, Telegram juga memiliki Antarmuka Pemograman Aplikasi (API) yang dapat digunakan pengembang untuk mengakses fitur penyimpanan cloud layanan. Dengan memanfaatkan API Telegram, para pengembang di TeleDrive telah menemukan cara untuk menawarkan penyimpanan cloud tanpa batas kepada pengguna.

Baca Juga

Dikutip Tech Radar, Kamis (13/1), untuk memulai, pertama-tama Anda harus masuk menggunakan akun Telegram dan menautkannya dengan TeleDrive. Dari sini, Anda dapat mengunggah file sebanyak yang Anda inginkan secara gratis meskipun ada batas bandwidth harian 1,4 GB bersama dengan batas unggah dan unduh 2 GB.

Namun, batasan ini dapat dengan mudah dihilangkan dengan membayar TeleDrive hanya 10 dolar Amerika per tahun. Dengan paket gratis perusahaan, Anda masih memiliki akses ke semua fitur dasar layanan dengan unggahan tak terbatas dan ukuran file. TeleDrive juga bersifat pribadi secara default karena menggunakan penyimpanan Telegram dan semua file Anda akan disimpan di bagian pesan aplikasi.

TeleDrive

Meskipun ini adalah ide yang bagus dan dapat berguna bagi mereka yang tidak ingin membayar untuk penyimpanan cloud atau layanan pencadangan cloud, ini sepenuhnya bergantung pada Telegram yang terus menyediakan akses ke API-nya kepada pengembang. Jika Telegram suatu hari memutuskan untuk membatasi atau menghentikan akses ke API penyimpanan cloud-nya, TeleDrive tidak akan ada lagi.

Di sisi lain, situs web TeleDrive gratis untuk digunakan yang merupakan proyek sumber terbuka dan masih memiliki server serta biaya pengembangannya sendiri. Saat ini, layanan itu didukung oleh sponsor tetapi berencana untuk memperkenalkan iklan di situs webnya untuk membantu menutupi sebagian dari biaya ini.

Meskipun semua file yang diunggah ke TeleDrive bersifat pribadi secara default, Anda juga dapat menjadikannya publik dan membuat URL sehingga orang lain dapat mengunduh salah satu file yang disimpan di penyimpanan cloud Anda. Selain itu, Anda juga dapat dengan mudah membagikan file dengan pengguna Telegram lain jika Anda mengetahui nama pengguna mereka.

TeleDrive bisa menjadi solusi sementara yang sempurna jika Anda kekurangan dana. Namun, jika Anda mencari layanan penyimpanan cloud yang terjangkau, iDrive sangat murah untuk jumlah penyimpanan yang Anda dapatkan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement