Friday, 18 Jumadil Akhir 1443 / 21 January 2022

Menkop: UMKM Siap Ramaikan MotoGP

Kamis 13 Jan 2022 11:09 WIB

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Fuji Pratiwi

Foto udara tikungan ke-10 lintasan Mandalika International Street Circuit saat matahari terbit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB. Kemenkop UKM memastikan UMKM siap meramaikan ajang MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika.

Foto udara tikungan ke-10 lintasan Mandalika International Street Circuit saat matahari terbit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB. Kemenkop UKM memastikan UMKM siap meramaikan ajang MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika.

Foto: ANTARA/AHMAD_SUBAIDI
Keikutsertaan UMKM di lokasi MotoGP jadi ajang promosi dan mendongkrak perekonomian.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki memastikan, persiapan para Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam meramaikan ajang internasional MotoGP Mandalika 2022 semakin matang. Ia optimis bakal berjalan dengan lancar.

Diharapkan, keikutsertaan para UMKM lokal di Nusa Tenggara Barat (NTB) di ajang tersebut, menjadi ajang promosi, serta turut mendongkrak perekonomian para pelaku UMKM. "MotoGP Mandalika 2022 dirancang Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk tiga hal," kata Teten saat meninjau kesiapan beberapa lokasi pameran pelaku UMKM di ajang MotoGP Mandalika 2022, di Lombok, NTB, melalui keterangan resmi, Kamis (13/1/2022).

Baca Juga

Ketiga hal itu adalah perdagangan, pariwisata, dan investasi. Untuk itu, ia mengajak semua pihak menyukseskan MotoGP ini bukan hanya bagi NTB saja, tetapi juga bagi UMKM.

NTB, kata dia, patut bersyukur karena pembangunan infrastruktur MotoGP ini sangat bermanfaat. Baik itu dari potensi desa wisata, homestay, kuliner dan lainnya. 

Direncanakan, akan ada lima titik lokasi stand yang disiapkan sebagai lokasi berjualan UKM saat pelaksanaan MotoGP di Sirkuit Mandalika. Beberapa yang dikunjungi Teten di antaranya, di kawasan ITDC, satu titik di parkir timur, satu titik di parkir barat, dan tiga lokasi berada di dalam area Sirkuit Mandalika.

Ada pula lokasi tambahan lain yang sempat dikunjungi Teten yakni di kawasan kedatangan dan keberangkatan Lombok Internasional Airport. MotoGP Mandalika ini sendiri akan berlangsung dari 18 sampai 20 Maret 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, NTB.

Terkait berapa jumlah UMKM yang akan turut serta, Teten belum bisa merinci. Hanya saja diharapkan pada penyelenggaraanya nanti, semua UMKM telah siap. "Kami akan siapkan dalam 1 bulan ke depan sudah ada e-katalog untuk produk UMKM di MotoGP 2022 ini," tuturnya.

Sementara, untuk kategori produk UMKM yang dilibatkan juga beragam. Mulai dari kuliner, kerajinan, industri lain seperti sepeda atau motor listrik akan siap meramaikan ajang MotoGP Mandalika 2022. 

"Sekarang masih ada waktu persiapan tiga bulan ke depan. Semoga acara ini sukses dan membawa manfaat bagi semua," ujar Teten.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA