Kamis 13 Jan 2022 10:01 WIB

PT Timah Beri 50 Unit Rumpon kepada Nelayan Mentok

Ini sebagai upaya meningkatkan hasil tangkapan dan kesejahteraan nelayan.

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi
Logo PT Timah Tbk. PT Timah memberikan bantuan 50 unit rumpon kepada nelayan di Mentok, Provinsi Bangka Belitung.
Foto: Facebook PT Timah
Logo PT Timah Tbk. PT Timah memberikan bantuan 50 unit rumpon kepada nelayan di Mentok, Provinsi Bangka Belitung.

REPUBLIKA.CO.ID, MENTOK -- PT Timah Tbk menyerahkan bantuan sebanyak 50 unit rumpon untuk kelompok nelayan di Mentok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Bantuan ini sebagai upaya meningkatkan hasil tangkapan dan kesejahteraan nelayan.

"Kami berikan apresiasi positif kepada PT Timah yang selama ini selalu peduli dengan kebutuhan warga di daerah ini, salah satunya kepada para nelayan yang tergabung dalam Kelompok Nelayan Cinta Damai, Kelurahan Tanjung," kata Camat Mentok Sukandi di Mentok, Rabu (12/1/2022).

Baca Juga

Sebanyak 50 rumpon berbentuk limas berbahan semen yang diserahkan tersebut merupakan bantuan langsung dari PT Timah Tbk melalui program corporate social responsibility (CSR). Selanjutnya rumpon itu ditenggelamkan ke laut yang nantinya akan menjadi rumah ikan.

"Selama ini PT Timah sudah banyak berbuat untuk masyarakat, khususnya nelayan. Kami berharap kegiatan seperti ini tidak hanya dilakukan oleh PT Timah, tapi juga dapat dilakukan perusahaan - perusahaan lain," kata Sukandi.

Dengan penenggelaman rumpon di lokasi yang sudah ditentukan, diharapkan nantinya akan semakin banyak ikan yang berkumpul di lokasi itu sehingga memudahkan nelayan mencari ikan. "Kami berharap nantinya membawa manfaat untuk warga nelayan dan PT Timah semakin baik, semakin jaya serta menjadi BUMN terbaik," kata dia.

Ketua Kelompok Nelayan Cinta Damai Herman Ahmad juga berterima kasih kepada salah satu perusahaan milik negara tersebut. Kelompok nelayan berharap ke depan rumpon-rumpon yang disebar di perairan setempat bisa bermanfaat bagi nelayan.

"Ini merupakan salah satu bentuk kerja sama dan kepedulian yang perlu terus dijaga agar ke depan nelayan semakin sejahtera," kata Herman.

Penyerahan bantuan kepada nelayan itu merupakan salah satu bentuk tanggung jawab perusahaan kepada warga yang berada di wilayah operasional perusahaan.

Pada seremonial penyerahan bantuan itu, Kepala KK BWD Unit Produksi Laut Bangka PT Timah Tbk, Okta Pratomo, mengatakan, bantuan itu sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan kepada warga, terutama yang berada di wilayah ring satu daerah operasi. PT Timah menyadari kegiatan penambangan banyak bersentuhan dengan lingkungan sosial.

Sehingga bantuan jadi ini sebagai salah satu bentuk tanggung jawab perusahaan mengembalikan rona awal permukaan bawah laut sebagai rumah ikan yang baru.

"Mungkin pengaruh eksploitasi itu terjadi perubahan dan ini adalah proses mengembalikan," kata Okta.

Ia juga berharap masyarakat dan warga nelayan di pesisir Pantai Mentok bersama PT Timah Tbk bisa lebih bersinergi dan harmonis.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement