Kamis 13 Jan 2022 08:06 WIB

Momen di Film Harry Potter yang Lebih Baik dari Novel

Harry Potter menjadi salah satu film adaptasi dari novel yang berhasil.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Momen di film Harry Potter yang lebih baik dibandingkan di novel (ilustrasi).
Foto: Warner Bros
Momen di film Harry Potter yang lebih baik dibandingkan di novel (ilustrasi).

REPUBLIKA.OC.ID, LOS ANGELES -- Mengadaptasi buku menjadi film tidaklah mudah. Ada begitu banyak materi yang perlu dipadatkan untuk memasukkan seluruh novel ke dalam film, dan hanya sedikit adaptasi yang berhasil.

Film Harry Potter termasuk karya yang berhasil karena sebagian besar penggemar setia pada seri yang mencakup lebih dari satu juta kata. Bahkan, karakter kecil dari novel mendapat kesempatan untuk bersinar di film. Hanya beberapa plot sampingan sepanjang seri harus dipotong dalam film.

Baca Juga

Yang membuat film Harry Potter semakin mengesankan adalah mereka berhasil mengangkat dan menambah salah satu seri buku paling sukses sepanjang masa. Begitu Harry Potter ditingkatkan dengan visualisasi di layar, ada adegan yang diubah dan diciptakan untuk film yang bekerja lebih baik dibandingkan di novel.

Tentu saja, buku-bukunya selalu lebih baik untuk penggemar fanatik atau siapa pun yang ingin melihat lebih dalam tentang Dunia Sihir itu. Dilansir di Looper pada Rabu (12/1/2022), berikut beberapa bagian film Harry Potter yang dinilai lebih baik dibandingkan bukunya:

 

1. Harry mendapatkan tongkatnya

photo
Adegan ketika Harry Potter memilih tongkat sihir. - (Warner Bros)

 

Harry yang melakukan perjalanan ke Ollivander's untuk mengambil tongkatnya hanya membutuhkan beberapa halaman dari bab Diagon Alley dalam novel berjudul Harry Potter and the Sorcerer's Stone. Ini adalah bagian penting dari cerita, karena mulai membangun hubungan penasaran antara Harry dan Voldemort, tapi itu bukan momen yang menonjol dari novel pertama. 

Namun di film, bagian tersebut menghabiskan lebih banyak waktu di tempat kejadian, dan mengubahnya menjadi salah satu momen paling ikonik di film Harry Potter.

Melihat konsekuensi ledakan dari tongkat yang salah benar-benar menunjukkan pentingnya setiap penyihir menemukan tongkat yang "memilih" mereka. Keheranan Daniel Radcliffe selama pertukaran itu menular, tetapi sebenarnya kinerja aktor John Hurt yang memperkuat adegan ini sebagai salah satu yang terbesar dalam seri ini. 

Harry Potter sukses menemukan formula yang ajaib dengan memasangkan aktor muda dengan aktor hebat Inggris, dan adegan Ollivander adalah contoh sempurna untuk itu. Hurt, yang meninggal pada 2017, menyampaikan beberapa baris yang dapat dikutip tanpa henti: "Tongkat sihir memilih penyihir, Tuan Potter" atau "Penasaran, sangat ingin tahu."

2. Quidditch

photo
Adegan saat Harry Potter pertama kali mengikuti pertandingan Quidditch. - (Warner Bros)

 

Para penyihir mengendarai sapu selama berabad-abad, tetapi apa yang Harry Potter lakukan dengan kiasan itu mungkin merupakan salah satu penemuan terbesar seri ini. Harry pertama kali diperkenalkan ke olahraga penyihir Quidditch selama tahun pertamanya di Hogwarts. Dia juga mengetahui ayahnya adalah pemain bintang di tim Gryffindor. Harry menjadi seeker Gryffindor, yang bertanggung jawab menangkap Golden Snitch dan akhirnya memenangkan permainan untuk timnya.

Membaca adegan Quidditch di buku memang bagus, tapi melihat pertandingan yang dimainkan di layar lebar jauh lebih mengasyikkan. Karena Quidditch hanya muncul di beberapa film Harry Potter, maka setiap adegannya layak untuk dinikmati penonton. Pertandingan pertama Harry di The Sorcerer's Stone sangat berkesan. Daniel Radcliffe dengan sempurna menangkap kecemasan seorang anak berusia 11 tahun yang berkompetisi untuk pertama kalinya di depan seluruh sekolah. 

Pertandingan itu sendiri serbacepat dan kinetik, dan berisi salah satu tangkapan Snitch terbaik dalam seri, di mana Harry berdiri di atas sapunya dan nyaris menangkap Snitch. Lebih baik lagi, tangkapan itu muncul kembali sebagai detail penting dalam The Deathly Hallows.

3. Perkembangan persahabatan Remus dan Harry

photo
Salah satu momen terbaik dalam film Harry Potter and the Prisoner of Azkaban hadir ketika Harry dan Lupin berdiri di Covered Bridge. - (Warner Bros)

 

Menurut situs rating film, Rotten Tomatoes, film Harry Potter and the Prisoner of Azkaban adalah film dengan ulasan terbaik kedua dalam seri ini. Film itu mengambil nada yang lebih gelap dibandingkan entri sebelumnya.

Film ini menampilkan beberapa makhluk paling berkesan di dunia sihir seperti Boggarts, Hippogriffs, dan Dementor. Film Harry Potter and The Prisoner of Azkaban benar-benar mulai menggali latar belakang orang tua Harry dan perjuangan mereka melawan Voldemort. Sepanjang itu memperkenalkan beberapa karakter luar biasa seperti Peter Pettigrew, Sirius Black, dan Remus Lupin.

Profesor Lupin terhubung dengan Harry secara mendalam karena hubungannya dengan orang tua Harry. Untuk pertama kalinya, Harry menemukan seseorang yang benar-benar dekat dengan ibu dan ayahnya, dan mau terbuka tentang seperti apa mereka. 

Persahabatan yang tumbuh di antara mereka berdua adalah sorotan di buku ini, tetapi dibawa ke tingkat yang sama sekali baru oleh penampilan David Thewlis dalam film tersebut. 

Thewlis menggambarkan Lupin sebagai sosok yang hangat dan perhatian, tapi cukup pendiam sehingga penonton yang belum terbiasa dengan cerita itu dapat terus menebak motivasinya. Ini tetap benar sampai pengungkapan terakhir dari hubungannya dengan Sirius dan lycanthropy-nya di akhir film. Salah satu momen terbaik dalam film hadir ketika Harry dan Lupin berdiri di Covered Bridge.

4. Harry dan Hermione bertemu di depan Hungarian Horntail

photo
Harry dan Hermione berbagi momen di tenda peserta tepat sebelum dia berhadapan dengan Ekor Tanduk Hungaria. - (Warner Bros)

 

Harry Potter and the Goblet of Fire menguji hubungan antara Harry dan Ron untuk pertama kalinya dalam seri. Saat Harry bertanding ke Turnamen Triwizard tanpa dukungan sahabatnya, Hermione dan dia tumbuh lebih dekat dari sebelumnya. Hermione adalah satu-satunya orang yang percaya pada Harry ketika dia mengatakan dia tidak memasukkan namanya ke dalam Piala Api, dan dia adalah orang utama yang diandalkan sebelum tantangan pertama.

Dalam momen yang diciptakan untuk film itu, Harry dan Hermione berbagi momen di tenda peserta tepat sebelum dia berhadapan dengan Ekor Tanduk Hungaria. Motivasi lembut Hermione kepada Harry bahwa semuanya akan baik-baik saja sangat menghangatkan hati. Percakapan mereka direkam dengan indah. Ini juga salah satu adegan terakhir sebelum film itu terjun ke dalam kegelapan kembalinya Lord Voldemort.

Setiap penggemar Harry Potter memiliki pasangan favorit mereka sendiri dalam serial ini. Banyak dari mereka percaya bahwa Harry dan Hermione terlihat baik satu sama lain. 

Koneksi Harry dan Hermione juga cukup untuk meyakinkan Rita Skeeter bahwa hubungan mereka romantis saat dia mengambil gambar untuk koran The Daily Prophet. Namun, pada akhirnya, percakapan ini hanya membuktikan kekuatan persahabatan mereka.

5. Kembalinya Voldemort

photo
Voldemort mendapatkan tubuhnya kembali di film Harry Potter and the Goblet of Fire - (Warner Bros)

 

Seri Harry Potter dibangun untuk kembalinya Voldemort untuk waktu yang lama. "Dia yang Namanya tidak Boleh Disebut" melakukan upaya pertamanya untuk hidup kembali di Harry Potter and the Sorcerer's Stone dengan menggunakan Profesor Quirrell untuk mengejar rahasia keabadian. 

Dalam Harry Potter and the Chamber of Secrets, sepotong jiwa Voldemort membuat permainan seumur hidup dari buku harian Tom Riddle yang berubah menjadi Horcrux. Dalam Harry Potter and the Goblet of Fire, Voldemort akhirnya membuat rencana yang berhasil. Dia mendapatkan kembali tubuhnya di salah satu adegan dramatis.

Kembalinya Voldemort dalam bab "The Death Eaters" adalah salah satu momen tergelap dalam seluruh novel Harry Potter. Cedric Diggory meninggal, kemudian Pangeran Kegelapan bangkit dan mulai menyiksa Harry dengan kutukan Cruciatus sebelum mereka berdua berduel head-to-head

Aktor Ralph Fiennes menghidupkan karakter Voldemort dengan sangat kuat. Daniel Radcliffe mengatakan dia sebenarnya takut pada Fiennes ketika masuk ke dalam karakter Voldemort.

"Saya ingat ketika saya berusia 15 tahun melakukan adegan dengan Ralph untuk pertama kalinya, (dia) benar-benar membuat saya takut selama beberapa tahun,” kata Radcliffe. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement