Saturday, 20 Syawwal 1443 / 21 May 2022

Robot-Robot Canggih di CES 2022, Pengantar Makanan Hingga Bantu Pertanian

Kamis 13 Jan 2022 07:43 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Setyanavidita Livikacansera/ Red: Dwi Murdaningsih

Deretan PUDU robot canggih yang diperuntukkan bagi restoran.

Deretan PUDU robot canggih yang diperuntukkan bagi restoran.

Foto: Dok. Pud
Berkembangnya jaringan 5G membuat teknologi robotik juga semakin berkembang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perkembangan di dunia digital sudah sejak beberapa tahun terakhir diwarnai dengan pesatnya industri automasi. Sentuhan-sentuhan automasi kini bisa ditemui di berbagai aspek kehidupan, mulai dari banyaknya jenis robot yang membantu manusia melakukan berbagai pekerjaan hingga hadirnya teknologi 5G yang menjanjikan sektor automasi akan berkembang lebih jauh lagi.

Pada gelaran Consumer Electronic Show (CES) di Las Vegas, Amerika Serikat (AS), yang baru saja usai digelar pekan lalu, berbagai robot sempat hadir unjuk gigi. Dikutip dari Electronics360.com, pekan lalu, kumpulan robot itu dirancang untuk berbagai skenario pemanfaatan, mulai dari perawatan kesehatan hingga sinematografi. Berikut ini cotohnya: 

Baca Juga

MobED

Raksasa manufaktur otomotif Hyundai Motor Group memperkenalkan Mobile Eccentric Droid (MobED) yang merupakan platform mobilitas untuk aplikasi serbaguna. Tubuh MobED ini beroda empat, datar, dan berbentuk persegi panjang.

MobED dapat bergerak melalui berbagai lingkungan di dalam dan luar ruangan dan memiliki beragam fungsi. Di antaranya sebagai robot pengantar, memandu pembuatan film, melayani orang tua atau orang dengan disabilitas, hingga berfungsi sebagai kereta dorong.

Pada CES 2022, para pemimpin Hyundai Motor dan Boston Dynamics mempresentasikan visi bersama untuk industri robotika, baik di dunia nyata maupun metaverse dengan tema utama "Expanding Human Reach". Hyundai Motor juga mengungkapkan rencananya untuk menciptakan pengalaman mobilitas canggih dengan ekosistem Mobility of Things (MoT) tanpa batas dan memamerkan berbagai robot dan konsep robot.

"Kami mengarahkan semua rekayasa robotika dan upaya kreatif kami untuk membangun ekosistem Mobility of Things tanpa batas," ungkap Dong Jin Hyun, selaku wakil presiden dan kepala Lab Robotika Hyundai Motor Group.

Naïo Technologies

Produsen peralatan pertanian John Deere dan usaha rintisan teknologi asal Prancis, Naïo Technologies, berencana mengomersialisasikan robot kebun anggurnya yang diberi nama TED. Setelah dinobatkan sebagai penerima CES 2022 Innovation Awards dalam kategori robotika, TED diharapkan dapat mengurangi penggunaan pestisida dan mengatasi kekurangan tenaga kerja dengan mengotomatiskan berbagai tugas di sektor pertanian yang mengalami pukulan hebat selama masa pandemi terjadi.

Chief Technology Officer John Deere Jahmy Hindman menyampaikan, alat bajak sawah dengan sentuhan teknologi automasi ini akan tersedia di Amerika Utara pada tahun ini juga. Selain itu, versi mesin automasi lain untuk menyemai atau menyuburkan ladang juga akan segera menyusul dihadirkan.

"Teknologi bukanlah hal baru bagi industri pertanian. Selama hampir 20 tahun, petani telah menggunakan GPS untuk membantu kemudi, memungkinkan mereka untuk membajak lebih lurus daripada manusia," ujar Hindman. Menurut dia, pelanggan di sektor pertanian saat ini mungkin lebih siap untuk teknologi otonom dibandingkan dengan berbagai industri lainnya karena telah terbiasa memanfaatkan teknologi sejak berpuluh tahun lalu. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA