Thursday, 13 Muharram 1444 / 11 August 2022

Terima Kunjungan Para Kiai Pengasuh Pesantren, Zulhas Ingat Pesan Orang Tua 

Kamis 13 Jan 2022 06:07 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah

Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan atau Zulhas menerima silaturahim para kiai pengasuh pesantren. Zulhas teringat pesan orang tua untuk dekat dengan para kiai pesantren.

Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan atau Zulhas menerima silaturahim para kiai pengasuh pesantren. Zulhas teringat pesan orang tua untuk dekat dengan para kiai pesantren.

Foto: Dok Istimewa
Zulhas teringat pesan orang tua untuk dekat dengan para kiai pesantren

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Para Kiai dari Majelis Permusyawaratan Pengasuh Pondok Pesantren se-Indonesia (MP3I), menyambangi kediaman Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan. 

Tepatnya di Kompleks perumahan Widya Chandra, Jakarta Selatan, Rabu (12/1/2022).  

Baca Juga

Zulhas, sapaan akrab Zulkifli Hasan mengatakan banyak hal yang mereka bicarakan saat bertemu dengan para ulama MP3I. "Kami berdiskusi tentang banyak hal, bercengkerama, hingga makan siang bersama," kata Zulhas. 

Pada kesempatan yang sama, Zulhas mengaku bahagia bisa bercengkerama dengan para ulama MP3I. Pasalnya, mengenang pesan orang tuanya dulu untuk selalu menghormati dan lebih mendekat dengan Kiai. 

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga mengucapkan terima kasih, atas kunjungan para Kiai dari MP3I. Insya Allah, lanjut Zulhas pada kesempatan berikutnya, dia akan berkeliling mendatangi dan bersilaturahmi ke pondok-pondok pesantren para Kiai MP3I. 

"Selalu bahagia bersama para Kiai. Kata orang tua saya dulu, harus dekat-dekat dengan Kiai, minimal ketularan wanginya. Saya ucapkan terima kasih atas ‘kerawuhan’ para Kiai dari Jakarta, Yogyakarta, dan Jawa Tengah," ucap Zulhas. 

Adapun para Kiai dari Majelis Permusyawaratan Pengasuh Pondok Pesantren se-Indonesia (MP3I), yang menyambangi kediaman Zulkifli Hasan di antaranya: 

  1. KH Zaim A Ma'shoem (PP Kauman Karangturi Lasem)
  2. KH A Badawy Basyir (PP Darul Falah Jekulo Kudus)
  3. KH Khoirul Fuad (PP Krapyak Yogyakarta)
  4. Dr KH Shofiyullah Muzammil (PPM Al Ashfa Yogyakarta)
  5. Gus Imam Baehaqi (PP Ma'hadul Ilmi as-Syar'i Sarang Rembang)
  6. Gus Arif Rahman Rusydi (Direktur ekskutif MP3I Jakarta
  7. Dr KH Sholahudin Fatawi (PP Al Hidayat Lasem)
  8. KH Syamsul Maarif (Ketua PWNU DKI Jakarta)  

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA