Friday, 2 Zulhijjah 1443 / 01 July 2022

Diabetes Bisa Usik Anak yang Sudah Sembuh dari Covid-19, Kenali Gejalanya

Rabu 12 Jan 2022 22:42 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda

Tes Covid-19 anak. Studi terbaru CDC AS mengungkap ada risiko anak yang telah sembuh dari Covid-19 untuk mengembangkan diabetes.

Tes Covid-19 anak. Studi terbaru CDC AS mengungkap ada risiko anak yang telah sembuh dari Covid-19 untuk mengembangkan diabetes.

Foto: Republika/M Fauzi Ridwan
Orang tua diminta waspadai gejala diabetes pada anak yang pernah kena Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Riwayat terkena Covid-19 dapat membuat anak lebih berisiko untuk mengalami diabetes tipe 1 atau tipe 2. Peningkatan risiko yang terjadi tampak cukup signifikan.

Hal ini diungkapkan dalam studi terbaru dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Menurut set data pertama, risiko diabetes pada anak penyintas Covid-19 tampak meningkat hingga 2,6 kali lipat. Sedangkan pada set data kedua, risiko diabetes tampak meningkat sebesar 30 persen.

Baca Juga

"Bahkan, peningkatan 30 persen merupakan peningkatan yang besar dalam risiko," jelas ketua tim peneliti dan peneliti CDC Sharon Saydah, seperti dilansir WebMD, Rabu (12/1/2022).

Saydah mengatakan kedua set data yang digunakan menunjukkan hasil berbeda karena adanya perbedaan klasifikasi mengenai anak yang terkena Covid-19. Salah satunya menggunakan data dari anak yang jatuh sakit karena Covid-19, data lainnya menggunakan data anak tak bergejala namun terkonfirmasi positif Covid-19.

Sejauh ini, Saydah dan tim belum bisa mengetahui apakah kejadian diabetes tipe 2 setelah terkena Covid-19 akan menjadi masalah kesehatan sementara atau jangka panjang. Alasannya, studi hanya memantau anak-anak yang terlibat dalam studi selama empat bulan.

Terlepas dari itu, Saydah menilai temuan ini kembali menyoroti pentingnya vaksinasi Covid-19 pada anak yang sudah layak untuk divaksinasi. Selain itu, penting juga bagi semua orang untuk mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan menjaga jarak, untuk melindungi anak-anak kecil yang belum layak divaksinasi.

Mengingat adanya peningkatan risiko diabetes pada anak penyintas Covid-19, peneliti juga mengimbau agar para dokter, dokter anak, dan orang tua mewaspadai tanda-tanda atau gejala diabetes pada anak dengan riwayat infeksi Covid-19. Bila mendapati tanda atau gejala ini, anak sebaiknya segera diperiksa lebih lanjut.

Beberapa gejala umum diabetes yang bisa dialami anak adalah peningkatan rasa haus, berkemih lebih sering, dan sering merasa lapar. Tanda lain yang juga patut diperhatikan adalah penurunan berat badan, nyeri perut, mual, muntah, dan lelah.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA