Rabu 12 Jan 2022 21:25 WIB

SKK Migas Targetkan Pengeboran 542 Sumur di Riau

Sebanyak 8 sumur yang akan dibor merupakan sumur eksplorasi.

Ladang pengeboran migas (ilustrasi)
Foto: AP PHOTO
Ladang pengeboran migas (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut, Rikky Rahmat Firdaus, mengatakan pihaknya menargetkan pengeboran hampir 890 lebih sumur dan diantaranya 542 sumur di Riau. Jumlah tersebut untuk mengejar target lifting tahun 2022 sebesar 703 ribu BOPD dan 5.800 MMSCFD.

"Untuk Provinsi Riau sendiri dilaksanakan pengeboran sebanyak 542 sumur yang tersebar di Wilayah Kerja (KKKS) Riau terdiri atas 534 sumur pengembangan dan 8 sumur eksplorasi," kata Rikky kepada media di Pekanbaru, Rabu (12/1/2022).

Baca Juga

Ia menyebutkan, sebanyak 542 sumur di Riau yang akan dilakukan pengeboran itu, tersebar di Wilayah Kerja (WK) Riau yaitu, sumur eksploitasi Pertamina Hulu Rokan sebanyak 500 sumur, BOB PT BSP-Pertamina Hulu sebanyak 15 sumur, EMP Bentu sebanyak 1+ 1 sumur. Berikutnya, di PT Imbang Tata Alam sebanyak 9 sumur, Texcal Mahato sebanyak 5 sumur, dan PHE Siak sebanyak 3 sumur. 

Sedangkan untuk sumur eksplorasi di Riau sebanyak 8 sumur terbagi dari EMP, Bentu 2 sumur, BOB PT BSP-Pertamina Hulu sebanyak 2, Imbang Tata Alam sebanyak 1 sumur, Pertamina Hulu Rokan 2 sumur, dan terakhir Texcal Mahato 1 sumur."Ini disumbang oleh teman-teman PHR dengan 500 sumur dan lainnya KKKS Riau secara masif tumbuh dan berkembang di kegiatan tahun 2022," ungkap Rikky.

Sementara itu, untuk pengeboran sumur di Wilayah Kerja Sumatera Bagian Utara sebanyak 563 sumur. SKK Migas mencatat, per 31 Desember 2021 lifting minyak berada di angka 660,3 ribu BOPD (barel minyak per hari) dan gas sebesar 5.501 MMSCFD (standar kaki kubik per hari).

Ia menyebutkan, pada tahun 2022 banyak aktivitas hulu migas akan dilaksanakan KKKS di Wilayah Riau. Rikky meminta dukungan dari jajaran Pemerintah Provinsi Riau untuk mendapatkan arahan lebih lanjut supaya tidak menggangu rencana kegiatan pengeboran di Provinsi Riau.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada pimpinan OPD di Provinsi Riau, kami apresiasi bahwa secara kegiatan dapat berjalan dengan baik, tentunya kami harapkan dukungan lebih lanjut dari berbagai macam variasi darat dan laut di Provinsi Riau," ujar Rikky.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement