Rabu 12 Jan 2022 18:13 WIB

Cakupan Vaksinasi Dosis Satu di Kota Sukabumi Capai 100,5 Persen

Dinkes berupaya mendorong masyarakat yang belum divaksin dosis dua.

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad
Seorang warga menjalani vaksinasi dosis tiga atau booster di Puskesmas Selabatu Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Rabu (12/1/2022)
Foto: riga nurul iman
Seorang warga menjalani vaksinasi dosis tiga atau booster di Puskesmas Selabatu Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Rabu (12/1/2022)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Warga yang sudah divaksinasi Covid-19 dosis satu di Kota Sukabumi kini sudah menembus sebanyak 100,5 persen. Data ini menunjukkan seluruh warga Kota Sukabumi telah tervaksinasi dosis satu.

'' Dari data yang diperoleh warga yang sudah divaksinasi dosis satu sudah mencapai 100.5 persen,'' ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi Lulis Delawati, Rabu (12/1/2022). Sementara dosis dua sudah mencapai sekitar 61 persen.

Baca Juga

Hal ini didasarkan target total vaksinasi di Kota Sukabumi sebanyak 269.834 orang. Kini lanjut Lulis, dinkes berupaya mendorong masyarakat yang belum divaksin dosis dua. Apalagi saat ini sekarang di Kota Sukabumi sudah masuk vakdinasi dosis tiga atau booster.

Sebelumnya, Satgas Penanganan Covid-19 Kota Sukabumi menggencarkan vaksinasi berbasis kewilayahan. Di mana warga bisa divaksinasi berbasis kewilayahan yakni bisa di posyandu, posbindu, majelia taklim.

Bahkan awal tahun 2022 digencarkan vaksinasi anak 6-11 tahun di sekolah-sekolah. Di mana capaian hingga kini mencapai 23.49 persen dan target di Kota Sukabumi mencapai 33.805 orang menurut KPCPEN.

Ditargetkan kata Lulis, vaksinasi anak ini bisa selesai pada 18 Januari 2022 mendatang. Namun diperkirakan jumlah anak yang divaksin jauh lebih banyak karena ada anak dari Kabupaten Sukabumi yang bersekolah di Kota Sukabumi.

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan, pemkot terus menggencarkan vaksinasi kepada warga baik dosis satu dan dua. '' Capaian dosis satu dan dua harus linear, sehingga akan terus digenjot secara door to door,'' katanya.

Dalam setiap momen kegiatan di wilayah, wali kota tidak bosan-bosan mengingatkan warga yang belum divaksinasi agar segera divaksin. '' Apakah ada warga yang belum divaksin disini,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi di hadapan warga di setiap momen.

Di mana ketika masih ada warga khususnya lansia yang belum divaksin dan akhirnya diajak untuk segera divaksinasi. Selain vaksinasi, Fahmi juga meminta warga untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan terutama memakai masker. Upaya ini diperlukan mengingat adanya potensi gelombang ketiga kenaikan kasus Covid-19.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement