Tuesday, 23 Syawwal 1443 / 24 May 2022

Kiat Pusri Tingkatkan Produksi Lewat Transformasi Digitalisasi

Rabu 12 Jan 2022 14:58 WIB

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha

Anggota holding PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Pusri Palembang, melakukan sejumlah proses transformasi digitalisasi, mulai dari Dashpro untuk perencanaan dan pengendalian produksi, Digital Fertilizer untuk operasional pabrik, serta Asset Performance Management (APM) untuk pengelola asset pabrik.

Anggota holding PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Pusri Palembang, melakukan sejumlah proses transformasi digitalisasi, mulai dari Dashpro untuk perencanaan dan pengendalian produksi, Digital Fertilizer untuk operasional pabrik, serta Asset Performance Management (APM) untuk pengelola asset pabrik.

Foto: ANTARA/Nova Wahyudi
Aplikasi Tracking Online akan melengkapi proses digitalisasi proses distribusi pupuk.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota holding PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Pusri Palembang, melakukan sejumlah proses transformasi digitalisasi, mulai dari Dashpro untuk perencanaan dan pengendalian produksi, Digital Fertilizer untuk operasional pabrik, serta Asset Performance Management (APM) untuk pengelola asset pabrik. Direktur Utama Pusri Tri Wahyudi Saleh mengatakan perusahaan ke depan akan mengintegrasikan seluruh sistem digital tersebut agar proses produksi semakin efektif dan efisien. 

"Sebuah aplikasi baru dengan nama Tracking Online juga akan melengkapi proses digitalisasi proses distribusi pupuk," ujar Tri dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (12/1/2022).

Baca Juga

Tri menjelaskan Tracking Online merupakan sebuah program inovasi sistem antrean pupuk lini 1 yang dapat mempermudah pemesanan dan pengangkutan pupuk, dan pengaturan antrian agar dapat lebih efektif dan optimal. Kata Tri, Pusri akan memaksimalkan pemanfaatan transformasi teknologi digital yang terintegrasi ke depan, khususnya di bidang produksi agar semakin memudahkan monitoring operasional pabrik.

"Dengan teknologi transformasi digital dapat meningkatkan komunikasi dan akses informasi antarkaryawan, khususnya di unit produksi sehingga kinerja produksi dapat semakin meningkat," ucap Tri.

Selama 2021, ungkap Tri, Pusri telah meluncurkan produk NPK Kopi dan NPK Singkong yang diformulasikan khusus dan disesuaikan dengan kebutuhan tanaman. Selain itu, lanjut Tri, Pusri juga melaksanakan optimalisasi salah satu aset yaitu dengan melakukan penetapan lokasi Kenten Agro Park dan Edu (KAPE) yang terletak di Komplek Pusri Taman Kenten. 

"Melalui Departemen CSR, beberapa program bantuan telah dilaksanakan diantaranya yaitu penyaluran bantuan oksigen liquid dan tabung secara gratis, penyaluran bantuan vaksin, bantuan sembako bagi masyarakat yang terdampak covid-19 dan bantuan kemanusiaan dan sosial kemasyarakatan lainnya," kata Tri.

Sejumlah capaian positif tersebut mengantarkan perusahaan meraih meraih berbagai penghargaan nasional dan internasional selama tahun lalu, mulai dari penghargaan bergengsi di ajang IFA (International Fertilizer Award) untuk kategori Industri Stewardship Champion Recognition 2021, Peringkat Emas SNI Award 2021, Proper Hijau, INDI 4.0 AWARD kategori Aggressive Digitalization, pencapaian gugus inovasi dengan perolehan Diamond, Platinum dan Gold, Penghargaan Gubernur Sumsel atas kepedulian Pusri terhadap Penyandang Permasalahan Kesejahteraan Sosial dan atas sumbangsih Oksigen kepada masyarakat saat pandemi covid-19, serta penghargaan dari Kepolisian Daerah Sumsel terkait dukungan dan kerjasama dalam percepatan Program Keroyok Vaksin di Sumsel.

Ketua DPRD Sumsel RA Anita Noeringhati mengaku bangga dengan capaian perusahaan plat merah yang berproduksi di Bumi Sriwijaya tersebut. "Jika kita lihat prestasinya, selama tahun 2021 ini sangat bagus, membanggakan," ujar Anita.

Perempuan pertama yang menjabat sebagai ketua DPRD Sumsel ini pun meminta Pusri terus meningkatkan kinerjanya sehingga hasilnya nanti akan dapat dirasakan masyarakat Sumsel dan juga Indonesia pada umumnya.

"Selama ini kepedulian Pusri kepada masyarakat Sumsel berjalan baik, melalui CSR memberikan perhatian kepada petani, sektor keagamaan, pendidikan dan lainnya," ungkap Anita.

Anita beberapa kali menyaksikan penyerahan CSR Pusri ke masyarakat, salah satunya bantuan Ambulan ke Pesantren Al Ittifaqiyah Indralaya oleh Dirut Pusri Tri Wahyudi Saleh. "Kita juga masih ingat saat kelangkaan oksigen puncak Covid tahun lalu, pusri membagikan oksigen kepada masyarakat secara gratis bahkan didistribusikan ke provinsi tetangga," kata Anita.

Anita berharap pencapaian yang telah diraih Pusri selama 2021 dapat terus berlanjut dan semakin meningkat di tahun ini sehingga dapat terus berkontribusi mendukung pemerintah di bidang ketahanan pangan nasional.

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA