Rabu 12 Jan 2022 14:42 WIB

Rukun Sholat yang Wajib Dipenuhi Agar Sholat Diterima

Sholat merupakan kewajiban bagi umat Islam.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi sujud/sholat. Rukun Sholat yang Wajib Dipenuhi Agar Sholat Diterima
Foto: Dok Republika
Ilustrasi sujud/sholat. Rukun Sholat yang Wajib Dipenuhi Agar Sholat Diterima

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sholat merupakan kewajiban bagi umat Islam yang harus dilakukan setiap hari, namun apakah semua sholat yang dilakukan diterima Allah SWT. Ulama mengajarkan sholat memiliki empat rukun yang harus dipenuhi agar sholat dapat diterima.

Dilansir dari About Islam, penulis asal Kairo Dina Mohamed Basiony mengatakan, diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Yang pertama dari perbuatan manusia yang kelak akan ditanyakan dan diminta pertanggungjawaban adalah sholat. Jika sholat itu bagus, dia akan aman dan selamat. Tetapi jika tidak lengkap, ini akan menyesal dan merugi. Bila sholat wajib itu tidak sempurna, Allah SWT akan memerintahkan untuk melihat apakah hamba-Nya telah melakukan sholat sunnah sehingga bisa menutupi kekurangan sholat wajib itu dengan demikian tertutup segala amalnya." (HR At-Tirmidzi)

Baca Juga

Berikut ini rukun dalam sholat yang harus dikerjakan.

1. Menetapkan niat untuk setiap sholat wajib

2. Takbiratul Ihram

3. Qiyam (berdiri tegak jika seseorang memiliki kemampuan untuk melakukannya)

4. Membaca Surat Al-Fatihah

5. Rukuk

6. I’tidal atau bangkit dari rukuk

7. Sujud

8. Duduk di antara dua sujud

9. Duduk sambil membaca tasyahud terakhir

10. Tasyahud terakhir

11. As-Salatu Ibrahimiya setelah tasyahud

12. Tasleem (salam)

Khusyu dan tenang selama melaksanakan sholat sangat penting untuk memastikan setiap bagian tubuh berada di posisi yang tepat, sebelum seseorang bergerak dari satu posisi ke posisi lain. Mengikuti urutan yang tepat untuk setiap pilarnya.

Selain sholat wajib, Nabi Muhammad SAW juga mengajarkan sholat umatnya untuk mengerjakan sholat sunnah. Manfaat sholat ini adalah untuk melengkapi sholat wajib dan menebus segala kekurangan, seperti kurangnya khusyuk dalam sholat.

Sholat sunnah yang diajarkan Nabi, antara lain sholat sunnah 2 rakaat sebelum Fajar, 4 rakaat sebelum zhuhur, 2 rakaat setelah zhuhur, 2 rakaat setelah maghrib, 2 rakaat setelah isya. Sehingga totalnya menjadi 12 rakaat.

Diriwayatkan oleh Umm Habibah, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa sholat 12 rakaat dalam sehari selain dari sholat wajib, Allah SWT akan membangun untuknya, atau akan dibangun untuknya, sebuah rumah di surga. (Sunan An-Nisa'i)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement