Wednesday, 19 Muharram 1444 / 17 August 2022

Alami Gejala Covid-19 Ringan, Apa yang Harus Dilakukan?

Rabu 12 Jan 2022 13:09 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti

Yang harus dilakukan jika Anda mengalami gejala Covid-19 ringan (ilustrasi).

Yang harus dilakukan jika Anda mengalami gejala Covid-19 ringan (ilustrasi).

Foto: AP/Francois Mori
Saat positif Covid-19 dan gejalanya ringan, Anda bisa melakukan isolasi di rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika positif Covid-19 dan gejalanya masih ringan, Anda bisa melakukan isolasi mandiri di rumah. Bagaimana caranya?

Dilansir di laman ABC Net pada Rabu (12/1/2022), sebagai permulaan, pulang dan tinggal di rumah. Di sebagian besar negara, Anda akan diminta untuk mengisolasi selama tujuh hari dari tanggal Anda mendapat tes. Di akhir masa isolasi, Anda akan diizinkan keluar jika gejala telah berhenti.

Baca Juga

Anda harus tetap terpisah, tak hanya dari komunitas, tapi juga dari orang lain yang tinggal bersama Anda. Lembaga kesehatan pemerintah di Australia, NSW Health, merekomendasikan untuk menghindari area umum, tidur sendiri, dan menggunakan kamar mandi terpisah jika opsi ini tersedia untuk Anda.

Saat menggunakan area umum, desinfeksi permukaan yang Anda sentuh dan cobalah untuk tidak menempati ruangan yang sama dengan anggota rumah tangga lainnya. Anda juga harus memberi tahu orang-orang yang pernah berhubungan dengan Anda bahwa mereka perlu memantau gejalanya.

Siapa pun yang menghabiskan empat jam atau lebih dengan Anda di rumah masuk dalam kategori kontak dekat dan harus mengisolasi diri selama tujuh hari. NSW Health mengatakan, kebanyakan orang yang sakit karena Covid-19 hanya akan mengalami gejala ringan yang dapat ditangani dengan istirahat di tempat tidur, parasetamol, atau ibuprofen untuk menghilangkan rasa sakit, obat pelega tenggorokan untuk sakit tenggorokan atau batuk dan tetap terhidrasi.

Gejala umum yang harus Anda harapkan termasuk sakit kepala, kelelahan, batuk, sakit tenggorokan, demam, dan kehilangan rasa atau bau. Beberapa orang dapat tertular Covid-19 tanpa mengalami gejala sama sekali.

Beberapa pemerintah negara bagian menyarankan Anda untuk menyiapkan paket Covid-19 sebelumnya jika Anda perlu isolasi. Dengan begitu, Anda sudah memiliki segalanya di rumah jika Anda dinyatakan positif.

Lembaga Queensland Health menyarankan Anda mempertimbangkan untuk memasukkan parasetamol atau ibuprofen, paket hidrasi atau balok es, stok masker, pembersih tangan, termometer, dan tes antigen cepat. Anda juga dapat menyiapkan makanan beku yang dapat dipanaskan kembali untuk makan malam yang mudah saat Anda merasa sakit.

Beberapa orang memilih untuk membeli oksimeter pulsa untuk memantau saturasi oksigen mereka. Namun Therapeutic Goods Administration (TGA) menyarankan jangan sampai terlalu bergantung pada mereka.

"TGA merekomendasikan penggunaan oksimeter nadi di rumah paling aman dan efektif bila dilakukan sebagai bagian dari perawatan yang diberikan oleh dokter," ujarnya.

Menghabiskan sepekan dalam isolasi bukan hanya tentang kesejahteraan fisik Anda. Queensland Health merekomendasikan kit Covid-19 Anda juga harus mencakup kegiatan untuk membuat diri Anda sibuk seperti buku, teka-teki, atau permainan yang dapat Anda mainkan sendiri.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA