Selasa 11 Jan 2022 20:25 WIB

Google Luncurkan Radar Open Source

Radar bisa digunakan untuk berbagai jenis perangkat.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Google. Google meluncurkan radar open source yang bisa digunakan dalam berbagai jenis perangkat.
Foto: EPA
Google. Google meluncurkan radar open source yang bisa digunakan dalam berbagai jenis perangkat.

REPUBLIKA.CO.ID, LAS VEGAS -- Radar (radio detection and ranging) memiliki sejumlah manfaat bagi pengguna perangkat elektronik. Google meluncurkan radar open source yang bisa digunakan dalam berbagai jenis perangkat.

Dikutip dari Tech Radar pada Senin (10/1), radar yang diluncurkan dalam Consumer Electronics Show (CES) 2022 itu merupakan perangkat yang disebut dengan Ripple. Jika dibenamkan dalam smartphone, maka radar ini memiliki sejumlah fungsi yang memudahkan.

Baca Juga

Dengan Ripple, maka smartphone bisa mendetekasi gestur gerakan tangan dan mengetahui gerakan penggunanya. Seluruh deteksi ini pun bisa dilakukan dengan mudah karena pengguna tak perlu lagi menggunakan perangkat tambahan seperti smart watch dan sejenisnya.

Sebenarnya, seluruh fungsi yang ditawarkan radar ini juga bisa dilakukan oleh kamera atau sensor lainya. Tapi, penggunaan radar dianggap lebih optimal karena berukuran lebih ringkas dan akurat.

Motion-sensing radar module ini sengaja dihadirkan secara open source agar perangkat ini bisa digunakan secara lebih luas. Oleh karena itu, pengembangan Ripple juga melibatkan sejumlah manufaktur dan software developer.

Nantinya, perangkat ini bisa berperan dalam non-invasive wellness monitoring, occupancy detection pada bangunan, human activity recognition dan touchless gesture controls. Bahkan, Ford pun terlibat dalam pengembangan ini dan tertarik untuk menggunakan Ripple sebagai radar interior.

Tapi, Ford belum mengungkap secara pasti soal penggunaan radar tersebut karena Ford masih melakukan penelitian soal pengguaan Ripple. Ford menilai, kehadiran Ripple memberi keleluasaan bagi tim pengembang perangkat lunak untuk berinovasi dalam berbagai platform radar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement