Saturday, 22 Muharram 1444 / 20 August 2022

KUA di Sumbar ini Punya 7 Program Inovatif yang Menarik

Selasa 11 Jan 2022 20:11 WIB

Red: Hiru Muhammad

KUA Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, berhasil mendapatkan Juara 1 pada Penilaian KUA Inovatif Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tahun 2021. Capaian ini merupakan ganjaran atas 7 program inovatif yang diterapkan KUA tersebut.

KUA Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, berhasil mendapatkan Juara 1 pada Penilaian KUA Inovatif Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tahun 2021. Capaian ini merupakan ganjaran atas 7 program inovatif yang diterapkan KUA tersebut.

Foto: istimewa
KUA IV Jurai berhasil mendapatkan juara 1 dengan 7 inovasi layanan

REPUBLIKA.CO.ID, PESISIR SELATAN--KUA Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, berhasil mendapatkan Juara 1 pada Penilaian KUA Inovatif Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tahun 2021. Capaian ini merupakan ganjaran atas 7 program inovatif yang diterapkan KUA tersebut.

"Alhamdulillah KUA IV Jurai berhasil mendapatkan juara 1 dengan 7 inovasi layanan, meliputi: Palanta Sakinah, Mis D Lima, BiRu RuSa, BiLa KUA, Tazkiah, KUA Sejuk, dan Benah Rumah," kata Kepala KUA IV Jurai, Betriadi, Selasa (11/1/22).

Baca Juga

Palanta Sakinah (Pusat Informasi dan Edukasi)

Palanta Sakinah merupakan respons atas Pandemi Covid-19 yang membatasi interaksi fisik antara petugas KUA dengan masyarakat. Layanan berbasis media digital ini bisa diakses di akun Youtube KUA IV Jurai. 

"Informasi yang disajikan akun Youtube KUA IV Jurai berisikan layanan KUA, problematika pernikahan, ceramah keislaman, informasi terkait kebijakan Kemenag, Pemerintah Daerah, Nagari, dan stakeholder terkait," kata Betriadi. 

Seiring berjalannya waktu, inovasi ini terus berkembang mulai dari tema bahasan dan tempat yang digunakan. "Awalnya di KUA IV Jurai, lalu kita laksanakan juga perekaman di tempat wisata di sekitar Pesisir Selatan," tambahnya.

Mis D Lima (Minta Satu Dapat Lima)

Pasangan calon pengantin yang menikah di KUA IV Jurai tidak perlu repot mengurus dokumen baru. Pasalnya, mereka langsung mendapatkan lima kartu sekaligus setelah akad nikah berlangsung.

"Ini merupakan layanan administrasi nikah. Setelah akad nikah, pasangan pengantin langsung mendapatkan lima kartu: Buku Nikah, Kartu Nikah (Fisik dan Digital), Sertifikat Bimbingan Perkawinan, Kartu Tamda Penduduk dan Kartu Keluarga pengantin status baru," tambah Betriadi.

BiRu RuSa (Bimbingan Ruhani pada Rumah Sakit)

Program BiRu RuSa merupakan kerja sama antara KUA IV Jurai dengan RSU BKM Painan. KUA IV Jurai melalui Penghulu dan Penyuluh Agama Islam memberikan layanan spiritual bagi pasien dan tenaga kesehatan di RSU BKM Painan.

"Bentuk kegiatannya berupa pembinaan mental spiritual sebagai salah satu sarana pengobatan dan mendekatkan pasien kepada Allah. Selain untuk pasien, kegiatan ini juga rutin kita berikan kepada tenaga kesehatan dalam bentuk kajian dan ceramah agama," kata Betriadi.

BiLa KUA (Bina Lansia KUA)

Program ini menyasar para lanjut usia di sekitar KUA IV Jurai. Kegiatan berupa pengajian terkait ibadah sehari-hari sesuai ajaran Islam dan cara membaca Al-Qur'an.

"Program ini beranjak dari keprihatinan bahwa masih terdapat masyarakat yang belum bisa baca tulis Al-Qur’an serta masih awam dalam pelaksanaan ibadah sehari-hari," terang Betriadi.

Tazkiah (Tahsin, Zikir, Ibadah, dan Amalan Haji)

Tazkiah merupakan kelanjutan dari program Jendela Hati (Jenguk, Dengar, dan Layani Jemaah Haji Sepenuh Hati). Secara khusus, program ini menyasar kepada masyarakat yang akan menunaikan ibadah haji.

"Dilaksanakan dalam bentuk tahsin dan tilawah Al-Qur’an, zikir amalan haji, dan bimbingan ibadah bagi calon jemaah haji.  Dilaksanakan di masjid atau KUA sesuai dengan kesepakatan calon jemaah," ungkap Betriadi.

KUA Sejuk (KUA Serap Informasi Jemput dan Kunjungi)

Tidak hanya menunggu masyarakat datang, KUA IV Jurai secara aktif menyapa masyarakat melalui program KUA Sejuk. Dalam pelaksanaan program ini, Kepala KUA beserta petugas secara rutin mengunjungi masyarakat untuk memberikan pelayanan kegamaan.

"Melalui layanan ini, kami ingin menunjukkan bahwa kehadiran KUA memberikan ketenangan dan kedamaian di tengah masyarakat. Kita berusaha menampilkan KUA yang bersih, melayani, dan mengayomi serta jauh dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN)," tambah Bertriadi. 

Benah Rumah

Benah Rumah merupakan kelanjutan dari program inovasi Jumat Berkah. KUA IV Jurai mengumpulkan infak sukarela dari seluruh pegawai untuk disalurkan dalam bentuk makanan atau bantuan sembako kepada masyarakat. 

"Seiring berjalannya waktu, kegiatan ini membesar hingga KUA IV Jurai berhasil merenovasi salah satu rumah tak layak huni yang dihuni warga di Kampung Karang Sago Nagari Sago Salido Kecamatan IV Jurai," kata Betriadi.

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA