Selasa 11 Jan 2022 18:51 WIB

Tip Merawat Laptop, Bikin Device Lama Terlihat Baru

Banyak orang memilih tetap menggunakan laptop lama meski kinerjanya sudah buruk.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Menggunakan Laptop (ilustrasi).
Foto: Republika/ Wihdan
Menggunakan Laptop (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Membeli laptop baru tidak menjadi pilihan bagi semua orang. Karena faktor biaya, beberapa orang memilih untuk tetap menggunakan laptop lamanya walaupun kinerja laptop sudah buruk. Padahal untuk mendapat penampilan laptop baru, Anda bisa mengikuti beberapa tips sederhana. Berikut tips yang bisa Anda lakukan seperti dilansir Cnet, Selasa (11/1):

Cadangkan data

Baca Juga

Semakin lama Anda memakai laptop, semakin banyak data yang Anda kumpulkan. Ini akan membuat performa laptop semakin menurun. Untuk menghindari kerusakan, Anda harus mencadangkan data Anda secara berkala.

Rawat laptop dengan baik

Cara merawat laptop dengan baik bisa membuat laptop Anda terlihat baru. Anda perlu memerhatikan beberapa hal yang bisa merusak laptop dari luar. Misal, kucing yang meringkuk di keyboard laptop. Meskipun pose kucing terlihat menggemaskan tetapi tindakan itu bisa merusak keyboard. Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

-Jangan biarkan laptop di bawah terik matahari.

-Jauhkan laptop dari hewan dan anak-anak. Jika Anda harus meninggalkannya tanpa pengawasan selama satu menit, letakkan laptop di tempat yang sulit dijangkau mereka.

-Jangan biarkan laptop berada di tepi meja, sofa, dan kursi.

-Jangan makan di sekitar laptop.

-Cuci atau bersihkan tangan Anda sebelum menggunakan laptop untuk meminimalkan perpindahan kotoran dan minyak.

-Jika Anda hanya menggunakannya tak menentu, simpan di lokasi yang paling bebas debu.

-Saat aktif atau dalam mode tidur, jangan menutupi laptop dengan kain atau meninggalkannya di lingkungan yang tidak memiliki aliran udara.

-Jangan biarkan pengisian daya 24/7.

-Jangan merokok di sekitar laptop.

-Periksa kabel adaptor secara berkala, terutama jika Anda memiliki hewan peliharaan.

Bersihkan laptop                   

Secara berkala, luangkan waktu setidaknya satu menit untuk memeriksa spot di sekitar keycaps, permukaan keyboard, permukaan touchpad, sisi speaker, dan bagian lain. Tindakan tersebut dapat menghemat pengeluaran Anda untuk laptop dalam jangka panjang.

Selain kondisi fisik, Anda juga perlu mengecek kondisi dalam laptop. Bersihkan data yang tidak diperlukan supaya membantu aktivitas prosesor lebih optimal dan meningkatkan kinerja laptop termasuk masa pakai baterai.

Selain itu, Anda juga bisa menyegarkan sistem operasi seperti menginstal ulang. Di Mac OS, Anda bisa menggunakan Mode Pemulihan. Sementara Windows memiliki beberapa opsi, sepeti segarkan untuk menginstal ulang sistem operasi sambil mempertahankan file Anda dan Fresh Start yang juga menyegarkan sistem operasi.

Jangan lupa upgrade laptop      

Upgrade laptop secara bertahap dapat membuat perbedaan besar. Tidak banyak laptop yang mendukung peningkatan memori atau ruang penyimpanan internal. Anda harus memanfaatkan opsi ini saat kondisi laptop sudah mencapai batas.

Sebelum Anda memulai, pastikan untuk menemukan panduan pemutakhiran atau pemeliharaan. Anda juga harus memeriksa bahwa itu tidak memerlukan komponen yang salah. Upgrade eksternal bisa lebih mudah dan lebih praktis meskipun dalam beberapa kasus tidak memberikan perubahan besar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement