Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Institut Daarul Quran

Kesalahan Kecil Yang Biasa Tidak Kita Sadari

Eduaksi | Tuesday, 11 Jan 2022, 16:48 WIB

Sholat merupakan rukun Islam yang ke dua, Sholat menjadi salah satu sarana komunikasi yang paling utama antara manusia dan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Tak salah lagi dan merupakan hal yang diketahui bersama Sholat memiliki keagungan yang tinggi dalam islam.

Ditambah Sholat merupakan hal pertama yang akan dihisab kelak di akhirat nanti. Rassulullah Sallallahu Alaihi Wassalllam bersabda : amal hamba yang pertama kali akan dihisab adalah sholat, jika sholatnya baik, dia sukses dan berhasil. Dan jika sholatnya rusak, dia sangatlah merugi (H.R Tirmidzi).

Banyak sekali umat muslim yang lalai dalam shalat, tanpa sengaja melakukan kesalahan-kesalahan yang tidak diketahuinya. Mungkin bisa membuat amalan shalatnya tidak sempurna. Berikut dirangkum dari beberapa sumber, kekeliruan dalam sholat :

1. Tidak menggerakkan lisan ketika takbir dan membaca bacaan sholat lainnya

Biasanya seseorang hanya membaca bacaan sholat didalam hati sehingga dapat dilihat seakan-akan sholat hanya gerakan tanpa bacaan dan dzikir didalamnya.

2. Bersandar ke tembok atau tiang padahal tidak membutuhkan

Orang yang masih kuat untuk berdiri tidak boleh sholat sambil bersandar, kecuali seperti orang yang sudah tua, sakit dan tidak kuat berdiri lama.

3. Memandang ke langit, tidak ke tempat sujud

Terkadang kita secara tidak sengaja melihat ke kanan dan ke kiri atau ke langit hingga yang bisa menyebabkan hilangnya fokus dan menjadi lupa. Oleh karena itu kita dianjurkan ketika sholat selalu menundukkan pandangan dan mengarahkan ke tempat sujud.

4. Tidak tuma’ninah di dalam sholat

Tuma’ninah adalah diam sejenak setelah benar-benar ruku’, sujud, i’tidal ataupun duduk di antara dua sujud, minimal lamanya seukuran sekali ucapan tasbih. Tuma’ninah adalah rukun shalat, kalau seseorang meninggalkannya maka tidak sah shalatnya.

5. Tidak khusyu’ dalam sholat, melakukan gerakan dengan tergesa-gesa

Rasulullah ﷺ bersabda, “Sesungguhnya, seseorang beranjak setelah mengerjakan shalatnya dan tidak ditetapkan pahala untuknya kecuali hanya sepersepuluh untuk shalatnya, sepersembilan, seperdelapan, seperenam, seperlima, seperempat, sepertiga atau setengah darinya,” (HR. Abu Dawud).

Dilihat dari pentingnya amalan sholat dalam hari perhitungan, maka sudah sepantasnya kita memperbaiki sholat. Demikianlah beberapa kekeliruan yang sering dilakukan sebagian orang baik dalam shalat, semoga artikel ini bisa menjadi pengingat bagi kita kaum muslimin.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image