Saturday, 27 Syawwal 1443 / 28 May 2022

Cek Jurusan Kuliah Ini, Punya Banyak Peluang Kerja Hingga 2030

Selasa 11 Jan 2022 15:31 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Hingga 2030 nanti, ada beberapa jurusan kuliah yang akan memiliki banyak peluang bagus di dunia kerja, seperti teknologi sains data, artificial intelligence dan Digital Marketing.,

Hingga 2030 nanti, ada beberapa jurusan kuliah yang akan memiliki banyak peluang bagus di dunia kerja, seperti teknologi sains data, artificial intelligence dan Digital Marketing.,

Foto: UNM
Teknologi Sains Data berpotensi jadi jurusan paling banyak peluang kerja di 2030

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jurusan kuliah bisa menentukan prospek kerja mahasiswa saat lulus nanti. Karena itu, saat menentukan jurusan kuliah harus sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki, agar kelak mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian yang dimiliki.

Pergeseran kebiasaan dan derasnya laju perkembangan zaman, turut mempengaruhi adanya perubahan di masyarakat. Perkembangan teknologi menjadi salah satu pemicu perubahan zaman. Oleh karenanya, sumber daya manusia (SDM) yang fresh graduate menjadi incaran banyak perusahaan. 

Hingga 2030 nanti, ada beberapa jurusan kuliah yang akan memiliki banyak peluang bagus di dunia kerja, antara lain:

1. Teknologi Sains Data

Program studi (prodi) Sains Data menjadi idola banyak perusahaan saat ini hingga kurang lebih delapan tahun ke depan. Pasalnya, lulusan prodi ini mampu mengolah jutaan tumpukan data yang tersembunyi menjadi suatu informasi yang bermanfaat bagi perusahaan. Keahlian teknologi sains data ini tersedia di beberapa kampus antara lain: Universitas Nusa Mandiri (UNM), Institute Pertanian Bogor (IPB), Universitas Airlangga (Unair).

Universitas Nusa Mandiri (UNM) saat ini sudah membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk kuliah periode Maret 2022. Silahkan segera cek di https://daftar.nusamandiri.ac.id/ atau bisa download secara gratis aplikasi MyNusa PMB di playstore.

2. Digital Marketing

Jurusan Digital Marketing akan belajar optimasi media sosial, penggunaan e-commerce, marketing analytic, hingga strategi pemasaran digital. Prodi ini tentu menjadi incaran banyak perusahaan, sebab saat ini dunia digital berkembang cukup pesat. Hampir semua aspek kehidupan masyarakat bergerak secara digital, oleh karena itu, prodi Digital Marketing cukup memiliki masa depan yang bagus. Prodi Digital Marketing tersedia di Universitas Prasetiya Mulya, BRI Institute dan Universitas Padjajaran.

Untuk fokus di bidang Perbankan Digital dan Digital Perbankan Syariah, bisa memilih prodi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi di BRI Institute, silahkan cek di link https://bri.siakadcloud.com/spmbfront/informasi/23/persyaratan-pendaftaran. 

3. Manajemen dan Bisnis

Bidang manajemen tentu masih menjadi primadona, sebab ilmu manajemen tidak akan pernah tenggelam. SDM bidang manajemen dan bisnis banyak dibutuhkan perusahaan, sebagai penentu keputusan dan pengolah kebijakan. 

Jurusan Manajemen banyak tersedia di beberapa kampus berkualitas diantaranya Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Universitas Nusa Mandiri (UNM), IPMI International Business School, silahkan cek link pendaftarannya di https://siakad.ipmi.ac.id/spmbfront/. 

4. Ilmu Komputer

Seiring dengan perkembangan teknologi, bidang komputer turut menyumbang trend masa kini, terlebih ilmu komputer yang sejalan dengan laju perkembangan teknologi saat ini. Prodi Ilmu Komputer melaju dengan cepat, seiring perkembangan arus gadget saat ini. Adanya pandemi juga turut andil menambah maraknya kebutuhan bidang ilmu komputer di tengah masyarakat. 

Kebutuhan para ahli di bidang ilmu komputer juga semakin meluas, banyak peneliti-peneliti dan ilmuwan bidang ilmu komputer dibutuhkan demi membantu memecahkan permasalahan yang ada di masyarakat. Jurusan Ilmu Komputer ini tersedia di jenjang sarjana juga pascasarjana. Jenjang pascasarjana Ilmu Komputer tersedia di Universitas Nusa Mandiri (UNM), Universitas Brawijaya, Institute Teknologi Bandung (ITB). Untuk pendaftaran mahasiswa baru di ITB silahkan cek https://admission.itb.ac.id/home/

5. Robotika

Masih berhubungan dengan teknologi canggih, bidang robotika juga bakal menjadi trend di masa depan. Pasalnya, banyak tenaga manusia yang akan digantikan oleh robot di masa depan. 

Sebagai contoh saja, fungsi taller di dunia perbankan, semakin sedikit perannya, sebab banyak orang sudah mengunakan e-banking dan mobile banking. Untuk mengetahui dunia robotika dan memperdalam ilmu pengetahuan bidang robotika, bisa mendaftarkan diri di beberapa kampus berikut yakni Universitas Airlangga, Universitas Budiluhur, Universitas Negeri Sebelas Maret.

6. Artificial Intelligence

Bidang artificial intelligence juga bakal membumi di kalangan masyarakat. Artificial Intelligence sejalan dengan tumbuhnya perkembangan teknologi digital saat ini. Bidang robotika sinergi dengan ilmu artificial intelligence atau kecerdasan buatan ini. Dan akan mendukung pesatnya perkembangan teknologi digital yang konon katanya, kelak akan dirancang untuk menggantikan peran manusia. 

Untuk memperdalam pengetahuan bidang artificial intelligence bisa kuliah di beberapa kampus yang menyediakan prodi Artificial Intelligence yakni Universitas Surabaya, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Sebelas Maret. 

7. Bisnis Digital

Prodi Bisnis Digital menjadi pekerjaan yang hampir ada di semua sektor perusahaan. Pemanfaatan platform digital dalam kehidupan sehari-hari, semakin menarik untuk dianalisis serta bisa memprediksi penggunaan strategi dalam berbisnis. 

Perkembangan dunia bisnis digital ini cukup menjanjikan di masa depan, pasalnya bidang digitalisasi sudah merambah ke banyak sektor kehidupan manusia. Untuk memperdalam ilmu pengetahuan bidang bisnis digital dengan kekhususan bisnis dan keuangan perbankan dapat mendaftarkan diri di BRI Institute. Kampus yang telah menyediakan prodi Bisnis Digital yakni Universitas Nusa Mandiri (UNM), Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dan lainnya.

8. Kedokteran

Seiring dengan status Pandemi yang masih aktif di negeri ini, tenaga ahli di bidang kesehatan sangat dibutuhkan guna membantu menangani kesehatan masyarakat. 

Prodi ini juga masih menjadi idola untuk ditekuni sebab prospeknya di masa depan cukup menjanjikan. Beberapa kampus yang membuka prodi Kedokteran yakni Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, Universitas Hasanudin. 

9. Cyber Security

Pesatnya perkembangan teknologi digital tentu akan menuntut keamanan digital yang memadai. Untuk itu diperlukan banyak tenaga ahli di bidang keamanan digital yang dikenal dengna cyber security. Prospek kerja bagi mereka yang menekuni bidang ini pun cukup menjanjikan pasalnya perkembangan teknologi digital kian pesat saat ini.

Dan kejahatan digital pun juga kian marak, maka tenaga profesional bidang keamanan digital pun makin dibutuhkan. Untuk fokus memperdalam ilmu Cyber Security dapat mendaftarkan diri pada beberapa kampus berikut Universitas Tanjungpura, Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Telkom. 

10. Desain Komunikasi Visual

Prodi ini memiliki daya pikat yang cukup kuat, sebab mempelajari ilmu desain grafis secara mendalam, untuk berbagai kebutuhan. Di masa depan akan terbuka peluang kerja yang cukup luas sebagai content creator visual. Beberapa kampus yang menyediakan prodi Desain Komunikasi Visual yakni Universitas Negeri Malang, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Insitut Teknologi Bandung (ITB). 

Itulah 10 jurusan kuliah yang paling menjanjikan hingga tahun 2030 nanti. Selamat berselancar di dunia teknologi yang berkembang dengan cepat. Dan jangan lupa untuk menyiapkan bekal yang cukup untuk siap menjawab tantangan zaman

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA