Sunday, 4 Zulhijjah 1443 / 03 July 2022

Minuman Ini Dinilai Ampuh Kurangi Risiko Hipertensi dan Penyakit Jantung

Selasa 11 Jan 2022 12:22 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti

Teh hitam dinilain dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi (ilustrasi).

Teh hitam dinilain dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi (ilustrasi).

Foto: ©Science Daily
Konsumsi teratur minuman ini dapat menurunkan hipertensi dengan segera.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyakit jantung diklasifikasikan sebagai penyebab utama kematian oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Kondisi ini dapat disebabkan oleh tekanan darah tinggi yang tidak diobati.

Satu-satunya minuman yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi adalah teh hitam. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, teh hitam membuat pilihan yang baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Baca Juga

Studi melaporkan konsumsi teratur minuman panas ini dapat menurunkan hipertensi dengan segera. Para peserta dalam penelitian ini meminum tiga cangkir minuman hitam ini setiap hari dan dapat terus melihat hasilnya selama enam bulan berdasarkan tingkat tekanan darah dan detak jantung mereka.

Studi lain yang diterbitkan dalam jurnal PLOS One, lebih lanjut menegaskan klaim ini tetapi memperingatkan penurunan tekanan darah ini kecil. “Meskipun efeknya kecil, efek seperti itu bisa menjadi penting untuk kesehatan jantung di tingkat populasi,” kata studi tersebut seperti dilansir di laman Express, Selasa (11/1/2022).

Ketika datang ke risiko penyakit jantung dan teh hitam, The American Journal of Medicine menawarkan jawabannya. Penelitian mereka menemukan asupan teh ini secara teratur dapat membantu mengurangi berbagai faktor risiko penyakit jantung, seperti kolesterol tinggi, peningkatan kadar trigliserida, dan obesitas.

Studi lain di European Journal of Clinical Nutrition melihat mereka yang minum tiga cangkir teh hitam per hari memiliki risiko 11 persen lebih rendah terkena penyakit jantung. Teh hitam kaya akan antioksidan yang disebut flavonoid. Flavonoid memiliki sifat anti-inflamasi yang bermanfaat dan melindungi sel-sel Anda dari kerusakan oksidatif.

Barang-barang ini juga dikaitkan dengan kesehatan jantung yang lebih baik, menurut National Library of Medicine. Jumlah cangkir selama penelitian berbeda tetapi mayoritas melihat jumlah yang lebih tinggi sekitar tiga hingga lima cangkir sehari.

Bukti menunjukkan minum teh hitam secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Ada juga penelitian menarik yang menunjukkan itu bisa menurunkan tekanan darah juga. Namun, beberapa penelitian menjelaskan bahwa pengurangan ini kecil dan intervensi lain mungkin diperlukan.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA