Saturday, 13 Rajab 1444 / 04 February 2023

Hasil Piala FA: MU Singkirkan Aston Villa Asuhan Steven Gerrard

Selasa 11 Jan 2022 04:53 WIB

Red: Israr Itah

Pemain Manchester United (MU) Scott Mc Tominay (kanan) merayakan golnya ke gawang Aston Villa dalam pertandingan Piala FA di Stadion Old Trafford, Manchester, Selasa (11/1) dini hari WIB.

Pemain Manchester United (MU) Scott Mc Tominay (kanan) merayakan golnya ke gawang Aston Villa dalam pertandingan Piala FA di Stadion Old Trafford, Manchester, Selasa (11/1) dini hari WIB.

Foto: AP Photo/Jon Super
Manchester United (MU) mengalahkan Aston Villa 1-0.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester United (MU) berhasil melewati adangan Aston Villa dalam putaran ketiga Piala FA 2021/2022. MU menaklukkan Villa 1-0 di Old Trafford, Manchester, Selasa (11/1) dini hari WIB.

Gol kemenangan MU dicetak oleh Scott McTominay pada menit kedelapan. Kemenangan ini mengantarkan Setan Merah, pengoleksi 12 gelar Piala FA, ke putaran keempat untuk berhadapan dengan Middlesbrough.

Baca Juga

Walaupun MU memetik kemenangan, Ralf Rangnick punya pekerjaan rumah menumpuk merujuk pada penampilan Setan Merah pada laga ini. Sebab hampir sepanjang laga MU tertekan. Keberuntungan membuat gawang David De Gea tak kebobolan. Sebab, dua percobaan Villa membentur mistar dan dua gol dianulir.

MU unggul cepat pada menit kedelapan saat McTominay menyelinap di pertahanan Villa untuk menanduk umpan matang Fred di depan gawang. Namun setelah itu, Setan Merah lebih banyak bertahan digempur tamunya.

Pada babak pertama, tendangan Ollie Watkins membentur mistar gawang setelah memanfaatkan kesalahan Victor Lindelof. De Gea juga dipaksa melakukan penyelamatan bagus untuk menggagalkan upaya John McGinn dan Emiliano Buendia saat Villa mendominasi sementara United dipaksa bermain lebih banyak melalui serangan balik.

Marcus Rashford menyia-nyiakan peluang untuk memperbesar keunggulan United sesaat sebelum turun minum, sementara upaya Luke Shaw ditepis oleh Emiliano Martinez.

Villa kemudian menyamakan kedudukan pada awal babak kedua, tapi dianulir wasit Michael Oliver. Berawa dari John McGinn yang mengarahkan tendangan bebas ke sisi kanan pertahanan MU yang disambut Ezri Konsa dengan sundulan ke depan gawang. Danny Ings kemudian menjebol gawang De Gea dengan pahanya.

Villa merayakan gol ini, tetapi Oliver berdiskusi dengan petugas VAR sebelum memutuskan menyaksikan tayang ulang di pinggir lapangan. 

Dengan tayangan ulang TV yang berfokus pada apakah Ings berada dalam posisi offside atau telah menggunakan lengannya untuk mencetak gol. Namun Oliver menganulir bukan karena offside atau handball, melainkan karena melihat Jacob Ramsey menahan Edinson Cavani yang berusaha menjaga McGinn dalam proses gol tersebut.

Beberapa menit kemudian Ings mengirimkan operan kepada Watkins yang menjebol gawang De Gea, tetapi kali ini Villa gol dianulir karena offside.

Dalam posisi tertekan ini, Rangnick menarik Edinson Cavani dan memasukkan Donny van de Beek pada menit ke-72. Masuknya eks pemain Ajax ini menghidupkan permainan MU. Sayangnya beberapa kesempatan dibuang percuma oleh Mason Greenwood yang terlalu egois mengeksekusi dalam posisi sulit, padahal rekan-rekannya dalam posisi lebih baik untuk mencetak gol jika ia mengoper bola.

sumber : REUTERS
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA