Senin 10 Jan 2022 23:48 WIB

Udunan Online di Sukabumi Sudah Membantu Belasan Warga yang Membutuhkan

Ribuan warga tergerak memberikan donasi untuk warga yang sedang membutuhkan bantuan.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Ilham Tirta
Meberikan donasi (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Meberikan donasi (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Program Udunan Online yang digagas Pemkot Sukabumi sudah mampu menyalurkan bantuan kepada 18 orang warga yang membutuhkan. Bantuan ini lebih cepat disalurkan karena bersumber dari udunan warga yang peduli pada sesama.

Udunan Online ini digulirkan untuk membantu warga yang membutuhkan seperti rumah rusak atau tengah sakit. Program donasi Udunan Online tersebut dikelola Forum Silih Asah Asuh.

Baca Juga

''Udunan Online dari 2019 hingga hari ini sudah 18 konten yang mendapatkan bantuan,'' ujar Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Sukabumi, Punjul Saeful Hayat, Senin (10/1/2022). Total besaran donasi secara keseluruhan Rp 355.335.367 dari 1.737 orang berdonasi.

Jumlah ini, kata Punjul, sudah melebihi target 700 orang yang berdonasi. Ke depan akan terus ditingkatkan semakin banyak warga yang berpartisipasi.

''Bagaimana membentuk udunan di tingkat bawah baik RT, RW, dan kecamatan,'' ungkap Punjul. Sehingga Udunan Online dari bawah ini menunjukka kesetiakawan sosial bisa menyebar lebih luas lagi.

Lebih lanjut, Punjul menerangkan, terakhir penyaluran donasi disampaikan kepada Nazril, seorang merupakan pengidap diabetes. Ia adalah anak kedua dari pasangan suami isteri Acem Hidayat dan Rina yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Sang ayah yang berpenghasilan pas-pasan sebagai buruh di peternakan sangat berharap atas kesembuhan sang buah hati, namun apa daya keterbatasan biaya menjadi kendala yang sangat besar. ''Udunan Online ide besar dari Wali Kota Achmad Fahmi bahwa manusia mempunyai sisi baik dan program ini jadi prasarana atau jembatan memberikan donasi,'' imbuh Punjul.

Selain itu, penjabaran visi wali kota mewujudkan manusia seutuhnya, yakni kesetiakawanan sosial. Punjul mengatakan, donasi untuk ananda Nazril merupakan penyaluran donasi ke 18 dari Udunan Online. Di mana besaran bantuan Rp 10 juta berasal dari 51 orang warga yang berdonasi.

''Permasalahan kemanusiaan seperti kesehatan, infrastruktur, dan lainnya tidak mungkin hanya bisa diselesaikan pemda, tapi perlu dukungan dan kerja sama dari orang baik di sekitar,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi yang lanngsung menyalurkan bantuan, Senin. Hal ini menjadi semangat lahirnya program Udunan Online.

Harapanya, program tersebut jadi tempat berkumpulnya orang baik dalam memberikan dukungan atas masalah kemanusiaan di wilayah. Selain itu tidak pernah ada sekat dalam hal berbuat baik.

''Termasuk kepada Ananda Nazril, saya menyerahkan titipan dari para donatur,'' ujar Fahmi. Ia berharap program ini terus menyebarkan semangat warganya untuk berbagi kepada sesama yang membutuhkan.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement