Senin 10 Jan 2022 21:34 WIB

Dari Maldini Maroko Hingga Wonderkid MU, Berikut Pesepak Bola Terbaik di Piala Afrika 2021

Sejumlah pemain bintang yang merumput di Eropa meramaikan Piala Afrika 2021.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Penyerang Ajax Sebastein Haller menjadi andalan Pantai Gading di Piala Afrika 2021.
Foto: EPA-EFE/ERDEM SAHIN
Penyerang Ajax Sebastein Haller menjadi andalan Pantai Gading di Piala Afrika 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, KAMERUN -- Kamerun menjadi tuan rumah pada edisi ke-33 gelaran Piala Afrika (AFCON) 2021, yang mundur dari jadwal semula tahun lalu. Sebanyak 24 tim ikut serta dan terbagi menjadi enam grup yang berbeda.

Dari 24 tim kontestan, terdapat berbagai bintang ternama di sepak bola Eropa seperti Mohamed Salah dari Mesir yang memperkuat Liverpool serta rekan setimnya Sadio Mane yang bermain untuk negaranya Senegal.

Baca Juga

Namun mengenal Piala Afrika 2021 tidak hanya sebatas Salah, Mane, atau gelandang serang Manchester City Riyad Mahrez. Berikut daftar enam pemain terbaik yang patut disimak pada gelaran Piala Afrika 2021 dilansir the Guardian, Senin (10/1/2022).

Romain Saiss (Maroko/Wolverhampton Wanderers)

Manajer Wolverhampton Wanderers Bruno Lage menyamakan Romain Saiss dengan legenda AC Milan dan timnas Italia Paolo Maldini. Ia menyebut Saiss sebagai 'Maldini-nya Maroko'.

Nama Saiss memang tak seharum beberapa penggawa asal Afrika lain yang bermain di tim Inggris. Meskipun, kualitasnya telah lama diakui di Maroko.

Saiss bermain sebagai bek kiri dan tengah di Wolves. Ia akan membangun mitra yang kokoh di lini belakang Maroko bersama Achraf Hakimi.

Keduanya bahkan telah membuktikan Maroko patut menjadi ancaman kontestan lain dengan berhasil menang 3-0 atas Guinea pada pertandingan awal Grup I Piala Afrika.

Selain Saiss, Maroko dapat mengandalkan Sofyan Amrabat, Sofiane Boufal, dan Munir El Haddadi meski mereka terpaksa kehilangan Hakim Ziyech.

Ismael Bennacer (Aljazair/AC Milan)

Djamel Belmadi adalah sosok temperamental sebagai pemain. Namun kepemimpinannya yang tenang sejak menduduki kursi pelatih timnas Aljazair pada 2018 menjadi alasan utama tim ini favorit untuk memenangkan turnamen dan mempertahankan mahkota yang mereka klaim pada tahun 2019.

Ada lebih banyak pemain yang cemerlang di skuad Aljazair di samping Riyad Mahrez. Salah satunya adalah gelandang tengah AC Milan, Ismael Bennacer.

Bennacer memang tak sespektakuler Mahrez bersama Manchester City. Namun kehadirannya di lini tengah the Desert Warriors sangat berpengaruh. Pergerakannya sangat dinamis, cerdas dan konstan untuk membuka serta melepas operan-operan.

photo
Ismael Bennacer - (EPA-EFE/MATTEO BAZZI)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement