Selasa 11 Jan 2022 06:05 WIB

Nepal Tutup Sekolah 3 Pekan Buntut Kasus Covid-19 Meninggi

Nepal mencatat tambahan kasus Covid-19 tertinggi sejak September 2021

Red: Nur Aini
Anak kecil menerima vaksin Pfizer-BioNTech melawan Covid-19 di Rumah Sakit Pendidikan di Kathmandu, Nepal, 22 November 2021.
Foto: EPA-EFE/NARENDRA SHRESTHA
Anak kecil menerima vaksin Pfizer-BioNTech melawan Covid-19 di Rumah Sakit Pendidikan di Kathmandu, Nepal, 22 November 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, KATHMANDU -- Seluruh sekolah di Nepal akan ditutup selama hampir tiga pekan menyusul lonjakan kasus Covid-19, kata juru bicara pemerintah pada Senin (10/1/2022). Kondisi itu memaksa lebih dari tujuh juta siswa untuk tetap berada di rumah.

Nepal mencatat tambahan 841 kasus pada Ahad (9/1/2022), lonjakan harian tertinggi sejak September tahun lalu, sehingga totalnya mencapai 832.589. Sementara itu, jumlah kematian Covid-19 sebanyak 11.604.

Baca Juga

Menurut juru bicara Kementerian Pendidikan Deepak Sharma, sekolah akan tetap ditutup sampai 29 Januari meski program vaksinasi anak usia 12-17 di sekolah mereka akan tetap berlangsung.

"Sekolah harus menginformasikan siswanya tentang waktu dan tanggal kapan mereka perlu datang ke sekolah dan disuntik vaksin," kata Sharma kepada Reuters.

Otoritas berharap penutupan sekolah dapat membantu memutus rantai penularan di tengah kekhawatiran penyebaran cepat varian Omicron. Pekan lalu pemerintah meminta rumah sakit agar mengantisipasi lonjakan pasien sebab kasus Covid-19 berpotensi meningkat tajam. Rumah sakit juga diperintahkan untuk menjaga pasokan oksigen dan menyiapkan staf.

Baca: Bayang-Bayang Kuasa Mantan Presiden di Balik Kekacauan Kazakhstan

Nepal mencatat 27 kasus Omicron dengan nihil laporan kematian. Otoritas telah memberikan vaksin lengkap Covid-19 kepada 36,7 persen dari 30 juta populasi sejak program vaksinasi diluncurkan tahun lalu.

Baca: Swiss Larang Tentara Pakai Aplikasi Pesan Asal AS dari Whatsapp Hingga Telegram

Baca: Awalnya Berdalih Mengawasi, Kini AS Malah Bangun Kilang Minyak di Suriah

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement