Senin 10 Jan 2022 23:32 WIB

Orang Kaya Dilarang Menerima Zakat, Kecuali Lima Golongan Ini

Lima golongan ini boleh menerima zakat.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Orang Kaya Dilarang Menerima Zakat, Kecuali Lima Golongan Ini. Foto: Ilustrasi Zakat. Republika/Thoudy Badai
Foto: Republika/Thoudy Badai
Orang Kaya Dilarang Menerima Zakat, Kecuali Lima Golongan Ini. Foto: Ilustrasi Zakat. Republika/Thoudy Badai

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Sifat-sifat yang membuat seseorang berhak menerima zakat ialah miskin yang kebalikan dari kaya. Namun demikian sejatinya, lima golongan ini dikecualikan dan diperbolehkan menerima zakat.

Ketentuan bahwa orang kaya dilarang menerima zakat berdasarkan pada dalil dalam Surah At-Taubah ayat 60, Allah berfirman, “Innama as-shadaqatu lil-fuqara-i wal-masakina,”. Yang artinya, “Sesungguhnya zakat-zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir,”.

Baca Juga

Ibnu Rusyd dalam kitab Bidayatul Mujtahid wa Nihayatul Muqtashid menjabarkan perihal orang kaya yang tidak boleh diberi zakat yang mana mayoritas ulama menetapkan bahwa semua orang kaya tidak diperkenankan menerima zakat. Namun demikian terdapat lima golongan orang kaya yang ditentukan boleh menerima zakat.

Nabi bersabda, “Laa tahillu as-shadaqatu lighaniyyin illa likhamsatin; lighaarin fi sabilillahi aw li’aamilin alaiha aw lighaarimin aw lirajulin lahu jaarun miskiinun fatashaddaqa alal-miskini fa-ahdal-miskinu lighaniyyi,”.

 

Yang artinya, “Tidak halal zakat untuk orang kaya, kecuali lima; yakni yang berperang pada jalan Allah, atau yang menjadi amil zakat, atau yang mempunyai tanggungan utang, atau yang mempunyai tetangga miskin lalu diberikannya zakat itu kepadanya, lalu orang miskin itu memberikan zakat kepada orang kaya,”.

Namun demikian menurut Ibnul Qasim, zakat tidak boleh diberikan kepada orang kaya walaupun ia sebagai pejuang di jalan Allah atau sebagai amil zakat. Dan para ulama yang tidak memperbolehkannya, mereka mengqiyaskan bahwa orang kaya sama sekali tidak boleh menerima zakat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement