Tuesday, 12 Jumadil Awwal 1444 / 06 December 2022

Urutan Tempat-Aktivitas Paling Mudah Bikin Tertular Covid-19 Versi Pakar Inggris

Selasa 11 Jan 2022 00:20 WIB

Rep: Amri Amrullah/ Red: Reiny Dwinanda

Belanja di supermarket semasa pandemi Covid-19. Peneliti Inggris mengungkapkan kegiatan-lokasi yang paling mungkin membuat orang tertular Covid-19.

Belanja di supermarket semasa pandemi Covid-19. Peneliti Inggris mengungkapkan kegiatan-lokasi yang paling mungkin membuat orang tertular Covid-19.

Foto: EPA-EFE/NARONG SANGNAK
Sejumlah tempat dan aktivitas dapat membuat orang lebih mudah tertular Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Penularan Covid-19 bisa terjadi di mana saja, namun para ahli di Inggris belum lama ini mengalkulasi beberapa tempat yang menjadi kawasan penularan Covid-19 tercepat dan mudah menular. Untuk mengumpulkan data ini, pemerintah Inggris melakukan studi kepada 10 ribu orang yang melakukan aktivitas di luar ruangan.

Dilansir The Sun, Senin (10/1/2022), pusat perbelanjaan atau berbelanja menjadi tempat atau aktivitas penyebaran Covid-19 tercepat, kemudian disusul kedua aktivitas dan tempat olahraga luar ruang. Virus Watch Study Scientific Advisory Group for Emergencies (SAGE) menemukan tingginya penularan di dua tempat dan aktivitas itu bisa jadi karena "aktivitas sosial" yang terkait dengan olahraga serta aktivitas fisik itu sendiri.

Baca Juga

Setelah itu, tempat paling menular berikutnya untuk dikunjungi adalah pub dan restoran. Berada di posisi berikutnya, penggunaan transportasi umum massal.

Serangkaian penelitian itu juga menunjukkan varian omicron ternyata punya gejala lebih ringan daripada jenis varian lainnya dari virus penyebab Covid-19. Laporan resmi pemerintah Inggris pertama mengungkapkan, risiko rawat inap pasien omicron adalah 50 hingga 70 persen lebih rendah dibandingkan dengan varian delta.

"Suntikan booster atau dosis penguat vaksin Covid-19 yang dapat melindungi dari varian omicron juga dianggap memberi kesempatan terbaik untuk melewati pandemi," kata pejabat kesehatan setempat.

Aktivitas belanja mingguan ternyata memiliki peluang penularan Covid-19 tertinggi. Pelakunya berpotensi 2,2 kali lebih banyak tertular.

Sementara itu, memakai transportasi umum atau mendatangi hotel 1,3 kali lebih mungkin dites positif Covid antara September hingga November 2021. Lalu, olahraga luar ruangan memiliki tingkat risiko 1,36 persen, menurut penelitian lain. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA