Senin 10 Jan 2022 14:26 WIB

Pemkot Ambon Siapkan 64 Lokasi Vaksinasi Anak

Vaksinasi anak usia 6-11 tahun akan dilaksanakan serentak 12-14 Januari 2022.

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi
Petugas menyuntikkan vaksin kepada seorang anak (ilustrasi). Pemkot Ambon, Maluku, menyiapkan 64 lokasi vaksinasi anak usia 6-11 tahun.
Foto: ANTARA/Feny Selly
Petugas menyuntikkan vaksin kepada seorang anak (ilustrasi). Pemkot Ambon, Maluku, menyiapkan 64 lokasi vaksinasi anak usia 6-11 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON -- Pemerintah Kota Ambon, Provinsi Maluku, menyiapkan 64 lokasi untuk pelaksanaan vaksinasi bagi anak-anak usia 6-11 tahun.

"Pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun akan dilaksanakan serentak selama tiga hari mulai 12-14 Januari 2022 di 64 lokasi yang telah ditetapkan," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon Ferdinand Tasso di Ambon, Senin (10/1/2022).

Baca Juga

Ferdinand mengatakan, vaksinasi anak pada hari pertama dilaksanakan di 34 lokasi untuk selanjutnya di 27 lokasi dan hari ketiga di tiga lokasi. Lokasi vaksinasi telah ditetapkan, sedangkan data sasaran vaksinasi diserahkan ke Dinas Kesehatan, termasuk jumlah siswa, menyesuaikan dengan kapasitas sekolah.

"Dinas Pendidikan memberikan data ke Dinkes selanjutnya Dinkes memetakan penyediaan vaksin sesuai data dan jumlah siswa per sekolah dan lokasi vaksinasi," kata Ferdinand.

Ia menjelaskan, bagi sekolah yang akan melaksanakan vaksinasi sendiri, jadwalnya akan dilaksanakan setelah pelaksanaan vaksinasi massal, karena keterbatasan jumlah tenaga kesehatan. "Kita sudah menyusun lokasi sekolah yang berdekatan untuk dilaksanakan dalam satu lokasi, tetapi ada sekolah yang meminta pelaksanaan terpisah, karena itu setelah vaksinasi tiga hari ini baru kita atur kembali jadwalnya," kata Ferdinand.

Pihaknya tidak menetapkan target siswa yang akan divaksin, karena kapasitas dan jumlah siswa tiap sekolah berbeda. "Untuk lokasi sekolah menyesuaikan jumlah siswa. Satu tim tenaga kesehatan mampu melaksanakan vaksinasi bagi 100 orang, jika ada 300 siswa maka akan ada tiga tim," kata dia.

Ferdinand mengatakan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Ambon yang telah melaksanakan sosialisasi vaksinasi anak di setiap kelurahan atau desa binaan, bertanggung jawab pada teknis pelaksanaan vaksinasi.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement