Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

Minum Kopi dengan Perut Kosong, Apa Masalahnya?

Senin 10 Jan 2022 09:03 WIB

Rep: Rahma Sulistya, Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda

Menyeruput kopi sebelum sarapan tidak dianjurkan karena dapat memicu sejumlah masalah.

Menyeruput kopi sebelum sarapan tidak dianjurkan karena dapat memicu sejumlah masalah.

Foto: Pexels
Sebagian orang terbiasa minum kopi dengan perut kosong.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meminum kopi di pagi hari mungkin sudah menjadi kebiasaan bagi banyak orang. Sebagian dari penikmat kopi menyeruputnya segera setelah bangun tidur, dengan perut kosong.

Yang jelas, secangkir kopi tidak akan menenangkan perut yang keroncongan. Kebiasaan itu justru bisa membuat sakit.

Baca Juga

Memang benar bahwa kopi memiliki berbagai manfaat kesehatan. Namun, minum kopi saat perut kosong bisa menimbulkan bahaya sebagai berikut, dikutip dari laman Times Now News, Senin (10/1/2022):

- Ketidaknyamanan pencernaan, seperti timbulnya gas, refluks asam, mual, dan gangguan pencernaan.

- Ketidaknyamanan bisa bertahan dalam pencernaan ibu hamil untuk waktu yang lama. Oleh karena itu, perempuan harus sangat berhati-hati agar tidak minum kopi dengan perut kosong saat mengandung.

- Karena tidak adanya makanan di perut, minum kopi bisa merusak lapisan lambung.

"Saat pertama bangun tidur, kita dalam keadaan kosong karena tidak menyantap atau meminum apa pun dalam periode yang panjang," jelas perawat terdaftar Jenny Branco RN BSN IHP, seperti dilansir SheFinds, Kamis (23/12/2022).

Ketika pada keadaan kosong ini seseorang memilih minum kopi, metabolisme tubuh akan meningkat. Selain itu, tubuh akan membutuhkan lebih banyak sumber energi untuk menunjang peningkatan metabolisme tersebut.

Sekilas, peningkatan metabolisme ketika perut kosong ini tampak seperti hal yang baik untuk membakar lemak. Akan tetapi, kondisi ini sebenarnya bisa membahayakan sistem saraf, memicu lonjakan energi yang membuat kewalahan tanpa adanya makanan.

"Tanpa sumber energi yang baik, tubuh akan memasuki mode fight or flight dan mengaktifkan sistem saraf simpatik," ungkap Branco.

Setelah itu, sistem endokrin yang berperan dalam mengatur hormon, akan menginisiasi mekanisme bertahan diri. Mekanisme ini berupa peningkatan homron krotisol yang menyebabkan ketidakseimbangan kadar gula darah.

"Dan memberikan efek serius (mengurangi efektivitas) pada kesehatan metabolisme jangka panjang," ujar Branco.

Di samping itu, meminum kopi ketika perut kosong dapat memicu perasaan gelisah. Kondisi ini akan membuat seseorang kesulitan untuk fokus sepanjang hari.

Tak sukar untuk menghindari risiko tersebut. Coba makan buah-buahan atau semangkuk sereal sebelum menikmati secangkir kopi.

Kopi bisa diminum saat sarapan, bukan sebelumnya. Berikut ini adalah beberapa cara agar bisa mengonsumsi kopi dengan aman:

- Jangan mengonsumsi kafein yang melebihi asupan aman harian. Rekomendasi untuk orang dewasa rata-rata 400 mg.

- Hindari menambahkan gula berlebihan ke kopi.

- Gunakan pemanis yang sehat seperti stevia sebagai gantinya.

- Jadikan air putih sebagai minuman pertama di pagi hari. Ini minuman paling aman sepanjang hari, bahkan saat perut kosong.

- Hindari minum kopi di malam hari karena dapat mengganggu tidur.

- Selalu makan sesuatu sebelum minum kopi setiap pagi.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA