Friday, 5 Rajab 1444 / 27 January 2023

Gejala Kolesterol Tinggi yang Bisa Dikenali Saat Bercermin

Senin 10 Jan 2022 07:48 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda

Perempuan bercermin saat mengenakan kosmetik. Sambil bercermin, coba perhatikan mata dan sekitar mata. Tanda kolesterol bisa tampak di wajah.

Perempuan bercermin saat mengenakan kosmetik. Sambil bercermin, coba perhatikan mata dan sekitar mata. Tanda kolesterol bisa tampak di wajah.

Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Tanda kolesterol tinggi bisa terdapat pada wajah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kolesterol tinggi merupakan kondisi ketika kadar kolesterol di dalam darah melebihi batas normal. Kondisi ini bisa memicu masalah sistem saraf, pencernaan, jantung, hingga strok. Itulah mengapa, sebelum terlambat, penting untuk mengenali tanda kolesterol tinggi sedari dini.

Selain tes darah, terkadang tanda-tanda kolesterol tinggi juga bisa muncul di wajah. Dokter Gary Bartlett mengungkapkan, setidaknya ada dua tanda spesifik kolesterol tinggi yang bisa dilihat sambil bercermin, yaitu xanthelasma dan arkus kornea.

Baca Juga

Menurut Bartlett, xanthelasma adalah plak kekuningan akibat gumpalan lemak yang muncul di area kelopak mata. Sementara arkus kornea adalah kondisi yang ditandai dengan adanya semacam cincin berwarna putih, abu-abu muda, atau biru di sekeliling lingkaran mata yang berwarna.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Seperti dilansir laman Express, Ahad (9/1/2022), Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NH) menyarankan untuk mengubah pola makan menjadi lebih sehat, lebih banyak beraktivitas fisik, juga minum obat yang disarankan oleh dokter.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA