Senin 10 Jan 2022 02:01 WIB

Gangguan Covid-19 di Piala Afrika

enam pemain Senegal dinyatakan positif Covid-19 minggu lalu

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Muhammad Akbar
Logo Piala Afrika 2014.
Logo Piala Afrika 2014.

REPUBLIKA.CO.ID, BAFOUSSAM--Senegal akan mengawali perjalanannya di Piala Afrika 2021 melawan Zimbabwe dalam penyisihan Grup B, di Stadion Kouekong, Bafoussam, Kamerun, Senin (10/1) malam WIB. Persiapan mereka terganggu oleh Covid-19 yang menjangkiti beberapa pemain dan staf.

Dikutip dari Sportskeeda, Ahad (9/1), enam pemain Senegal dinyatakan positif Covid-19 minggu lalu dan melakukan isolasi mandiri. Pada latihan terakhir, hanya 16 pemain yang ikut dalam latihan jelang melawan Zimbabwe.

Bek tengah Kalidou Koulibaly dan kiper Chelsea Edouard Mendy absen pada latihan tersebut karena harus mengisolasi mandiri sehingga berpeluang absen di laga pembuka.

“Kalidou Koulibaly telah dites positif Covid-19 saat bertugas internasional dengan Senegal. Bek, yang divaksinasi dan tanpa gejala, sekarang dalam isolasi diri sesuai protokol,” demikian pernyataan resmi Napoli, dilansir dari The Guardian, Ahad (9/1).

Senegal dan Zimbabwe sudah saling berhadapan Sembilan kali di semua kompetisi sejak pertama kali di Piala Afrika edisi 1985. Berdasarkan head-to-head, pertemuan kedua selalu berlangsung ketat. Senegal hanya unggul satu kemenangan atas Zimbabwe yakni lima kemenangan berbanding empat kemenangan.

Namun sebagai salah satu favorit juara Piala Afrika edisi kali ini karena diperkuat oleh beberapa pemain top Eropa seperti Sadio Mane, Edouard Mendy, Kalidou Koulibaly dan Idrissa Gueye, Senegal lebih diunggulkan meraih kemenangan atas Zimbabwe. Prestasinya sebagai runner-up edisi sebelumnya turut memperkuat peluang mereka membuka laga dengan kemenangan.

Bagi Zimbabwe, Piala Afrika edisi 2021 merupakan yang kelima dan ketiga secara berturut-turut. Namun perjalanan Zimbabwe selama keikutsertaannya di turnamen tersebut tak pernah lolos dari babak penyisihan grup. Di Grup B, mereka bergabung dengan Guinea dan Malawi.

Timnas Gabon menerima pukulan telak jelang melawan Komoro pada pertandingan pertama Grup C, di Stadion Ahmadou Ahidjo, Selasa (11/1) dini hari WIB. Mereka akan tanpa striker andalannya Pierre-Emerick Aubameyang yang positif Covid-19.

Federasi Sepakbola Gabon (FEGAFOOT) melalui twitter resminya mengumumkan bahwa Aubameyang dan gelandang Nice, Mario Lemina positif Covid-19 berdasarkan hasil tes yang dilakukan ketika baru tiba di Kamerun. Aubameyang telah menyumbang 29 gol dalam 71 penampilannya untuk Senegal.

Gabon dan Komoro tergabung bersama Maroko dan Ghana di Grup C. Pertandingan nanti akan menjadi laga bersejarah bagi sepakbola Komoro. Pasalnya, mereka akan tampil pertama kalinya di Piala Afrika. Sementara bagi Gabon, laga besok adalah yang kedelapan kalinya.

Komoro melalui perjuang keras untuk lolos ke Piala Afrika 2021 dikutip dari Sportsmole. Mereka berada lolos sebagai runner-up di bawah Mesir pada babak kualifikasi menyingkirkan Kenya. Komoro meraih dua kali kemenangan, imbang tiga kali dan satu keli menelan kekalahan.

Bagi pasukan Amir Abdou, melawan Gabon adalah ujian berat di awal laga Piala Afrika. Secara pengalaman jelas jauh di bawah Gabon. Namun beruntung, Gabon tanpa striker andalannya Aubameyang yang kini bermain untuk Arsenal karena Covid-19. Sehingga ancaman Gabon sedikit berkurang.

Gabon bertekad melaju ke fase gugur untuk pertama kalinya sejak 2012. Setelah sempat tak tampil di Piala Afrika 2019, Gabon mengemban misi meraih tiga poin di partai pembuka. Sebab itu akan memberikan dorongan bagi mereka untuk lolos ke fase gugur.

Gabon membawa 28 pemain untuk Piala Afrika termasuk dua bek klub asal Prancis, AC Ajaccio, Chaker Alhadhur dan Mohamed Youssouf. Kemudian ada gelandag Auxerre, Iyad Mohamed dan Yacine Bourhane yang bermain untuk Go Ahead Eagles.

Mereka juga diperkuat gelandang berpengalaman Guingamp Youssouf M’Changama. Mereka juga akan diperkuat oleh penyerang Red Star Belgrade, El Fardou Ben Nabouhane.

Sementara Gabon memanggil 30 pemain termasuk dua pemain Liga Inggris yakni Aubameyang dan pemain depan Brighton and Hove Albion, Ulrick Eneme Ella. Namun Aubameyang akan absen di laga pembuka sehingga diperkirakan perannya akan digantikan Ella, Jim Allevinah, Axel Meye atau Denis Bounga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement