Ahad 09 Jan 2022 20:53 WIB

Arab Saudi Dirikan Lembaga Musik

Komisi Musik Arab Saudi mendirikan lembaka untuk melatih bakat musik di negaranya.

Rep: Mabruroh/ Red: Nora Azizah
Komisi Musik Arab Saudi mendirikan lembaka untuk melatih bakat musik di negaranya.
Foto: pixabay
Komisi Musik Arab Saudi mendirikan lembaka untuk melatih bakat musik di negaranya.

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Komisi Musik Arab Saudi mendirikan lembaga untuk melatih bakat musik negara itu. Bait Al-Oud akan didirikan sebagai pusat pembelajaran bagi para musisi agar mereka mendapatkan pelatihan yang dibutuhkan dalam memainkan alat musik tradisional Arab, maupun mempelajari peran alat musik tersebut dalam mengembangkan budaya musik daerah.

Oud merupakan adalah salah satu instrumen senar tertua dan terpenting dalam warisan musik dunia Arab. Oud berusia lebih dari 3.000 tahun dan telah memainkan peran penting sepanjang sejarah.

Baca Juga

“Oud adalah salah satu alat musik petik yang paling penting. Ini disebut 'sultan instrumen' dan biasanya digunakan oleh komposer dalam membentuk melodi mereka,” kata pemain oud Hasan Iskandrani dilansir dari Arab News, Ahad (9/1/2022).

Alat musik tradisional Arab seperti oud, duf, rebab, dan mizmar, yang digunakan dalam berbagai perayaan di Kerajaan, telah memainkan peran utama dalam membangun budaya musik negara dan berbagai bentuk ekspresi musiknya. Ada berbagai jenis oud, termasuk Irak, Suriah, Mesir, dan Turki dan dimainkan dalam gaya yang berbeda di seluruh wilayah.

Dalam beberapa dekade terakhir, Kerajaan telah menjadi rumah bagi komposer, penyanyi, dan pemain oud berbakat. Banyak orang di Kerajaan menikmati karya Abadi Al-Jowhar, yang dikenal sebagai Gurita Oud. Di samping Al-Jowhar adalah Talal Salamah dan Aseel Abu Bakr Saleem yang hingga hari ini, mempengaruhi generasi baru pemain oud Saudi yang baru muncul.

Oud khas karena tidak memiliki fret dan berbentuk buah pir. Secara tradisional terbuat dari kayu ringan, memiliki leher pendek, dan biasanya dibuat dengan 11 senar. Karena fretless, oud dianggap sebagai instrumen serbaguna yang memberikan kebebasan kepada musisi untuk menghasilkan nada yang lebih lancar tanpa harus menyetel ulang. Tidak seperti instrumen senar lainnya yang biasanya memiliki satu lubang besar di tengahnya, oud dapat memiliki hingga tiga lubang, yang memberikan nada khas dan memesona.

Ini membuatnya cocok bagi musisi untuk memainkan maqam, sebuah sistem struktur melodi yang digunakan dalam musik tradisional Arab. Dan, seperti alat musik kuno lainnya, oud memiliki penggemar dan pengagumnya sendiri yang senang mendengarkan lagu-lagunya.

Namun, jika bukan karena beberapa maestro musik yang hebat, warisan oud mungkin akan hilang. Seseorang tidak dapat berbicara tentang instrumen tanpa menyebutkan legenda yang membuatnya seperti sekarang ini. Oud telah melewati musisi terkemuka, dari "Raja Oud" Fared Al-Atrache, hingga Marcel Khalifeh di Lebanon, Munir Bashir dan Naseer Shamma di Irak, dan Mohamed Al-Qasabgi di Mesir.

Ada banyak kepercayaan tentang dari mana instrumen itu berasal. Diyakini bahwa itu berevolusi dari barbat Persia dan digunakan selama periode Kassite dan Babel di Mesopotamia, yang kemudian menyebar ke Eropa melalui Afrika Utara.

Karenanya dibentuk juga komisi Bait Al-Oud yang bertujuan untuk mengembangkan institut menjadi pusat yang diakui secara global, menyebarkan kesadaran tentang alat musik Arab, khususnya oud, dan melestarikan warisan musik Arab. Institut tersebut akan dijalankan oleh sekelompok musisi elit, juga bertujuan untuk menjadi pusat regional bagi warga Saudi dari segala usia untuk belajar dan mengembangkan teknik memainkan alat musik Arab.

“Bait Al-Oud Institute akan berkontribusi pada pengembangan berbagai jenis alat musik petik. Selain itu, akan mendorong berkembangnya bakat-bakat musik muda,” kata Iskandrani. 

“Melalui institut ini, akan menjadi forum bagi para legenda musik hebat dan musisi pendatang baru untuk berbagi ide, pengalaman, dan budaya untuk pengembangan berkelanjutan,” tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement